A place where you need to follow for what happening in world cup

Waspada, Mayoritas Wilayah di Sumbawa Zona Merah Covid 19

172

//FOTO. Inilah peta penyebaran Covid-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB yang menempatkan wilayah Pulau Sumbawa rata-rata masuk zona merah Covid-19. (FOTO. RUL/DS)

MATARAM, DS – Masyarakat di Wilayah Pulau Sumbawa mesti waspada. Berdasarkan peta zonasi risiko yang diperbarui Satgas Penanaganan Covid-19 per 21 Januari 2021, sebanyak empat wilayah di sana masuk kategori zona merah.

Keempat wilayah itu masing-masing, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kota Bima, dan Kabupaten Bima. Sementara Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berada di zona orange atau risiko sedang.

“Dari data yang kita himpun di gugus tugas, maka Pulau Sumbawa mulai merah membara kecuali KSB hingga Kamis Malam (21/1). Jadi, kita harus tetap meningkat kewaspadaan,” kata Wakil Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB, HL. Gita Ariadi pada wartawan, Jumat (22/1).

Berdasarkaan data per 21 Januari 2021, persebaran virus corona di setiap wilayah di Pulau Sumbawa masih cukup tinggi. Kasus Covid-19 tertinggi berada di Kabupaten Sumbawa.

Gita menjelaskan,  secara komulatif angka yang terpapar virus Corona berjumlah sebanyak 182 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumbawa. Dari jumlah tersebut sebanyak 727  orang sudah sembuh, 41 orang suspect, 206 orang kontak erat, dam 53 orang lainnya meninggal dunia.

Menurut Gita, jumlah kasus terbanyak kedua berada di Kota Bima. Jumlah terpapar virus Covid-19 alias postif sebanyak 140 orang, telah sembuh sebanyak 492 orang,  392 orang kontak erat, 7 orang suspect dan 20 orang  lainnya meninggal dunia.

Sedangkan, di Kabupaten Bima yang terpapar virus corona berjumlah sebanyak 82 orang, sebanyak 337 orang dinyatakan sembuh, 25 orang suspect, sebanyak 98 orang kontak erat dan 13 orang dinyatakan meninggal dunia.

“Untuk Kabupaten Dompu, angka yang terpapar Covid-19 hingga Kamis Malam (21/1). Yakni, positif Covid-19 berjumlah sebanyak 53 orang, 46 orang suspect, sebanyak 66 kontak erat, 447 orang dinyatakan sembuh dan 20 orang diantaranya meninggal dunia,” jelas Gita.

Terkait, jumlah kasus positif Covid-19 di KSB yang masuk zona oranye di kawasan Pulau Sumbawa. Gita yang Sekda NTB menuturkan, jika jumlah yang positif Covid-19 sebanyak 43 orang, sebanyak 220 orang dinyatakan sembuh, satu orang suspect dan sebanyak 129 orang kontak erat.

“Khusus di KSB ini jumlah pasien masih yang meninggal angkanya sangat kecil. Yakni, hanya sekitar 4 orang saja hingga Kamis (21/1) malam,” tegas Gita.

Dalam kesempatan itu. Gita mengingatkan, lantaran penyebaran Covid-19 yang begitu masif, masyarakat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Jangan abai untuk tetap memakai masker, menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan, dan rajin mencuci tangan dengan sabun merupakan upaya pencegahan penularan Covid-19,” tandasnya. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas