Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Walikota Mataram Launching Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif Kota Mataram.

27

MATARAM,DS-Walikota Mataram, H.Ahyar Abduh, melaunching Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) Kota Mataram, Selasa (14/7/ 2020). Launching dihadiri oleh semua Asisten Setda Kota Mataram, pimpinan perangkat daerah yang termasuk gugus tugas Covid-19 Kota Mataram, institusi layanan PKSAI Kota Mataram dan pimpinan BRSAMPK Paramitha di Mataram, ketua LPA Provinsi NTB dan Ketua LPA Kota Mataram.

Kegiatan tersebut dirangkai juga dengan penyaluran secara simbolis Paket Bantuan Pemenuhan Kebutuhan Spesifik untuk Anak dan Perempuan yang terdampak Covid-19 yang diwakili oleh anak yang telah sembuh dari Covid-19. Jumlah paket seluruh paket mencapai 231 unit.

Selain itu, terdapat juga paket alat bantu permainan anak (Recreational Kit) dari Unicef bagi institusi kesehatan yang menangani anak yang terpapar Covid-19 yang diwakili oleh Direktur RSUD Kota Mataram dengan jumlah paket seluruhnya 4 paket. Paket ketiga berupa bantuan permainan anak (Recreational Kit) bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang diwakili olehi Pimpinan LKSA Nurul Jannah NW Ampenan dengan jumlah seluruhnya 12 paket. Dan, keempat penyerahan secara simbolis hasil pelayanan PKSAI Kota Mataram yaitu kebutuhan hak dasar anak sebagai warga Negara berupa akte kelahiran dan kartu identitas anak.


PKSAI Kota Mataram telah menerima pengaduan dari masyarakat untuk difasilitasi dengan perangkat daerah yang terkait pemenuhan hak dasar anak sejak bulan Januari hingga 30 Juni 2020 berjumlah 2.519 pengaduan. Pengaduan terdiri dari 560 pelayanan bantuan pendidikan, 1.422 pelayanan bantuan sosial, 10 pelayanan kepada anak terlantar, 92 pelayanan kepada anak disabilitas, 1 pelayanan bantuan kesehatan, 411 pelayanan pembuatan adminduk, 2 pelayanan perebutan hak asuh, dan 9 pelayanan kepada anak berhadapan dengan hukum,1 pelayanan kepada korban kekerasan fisik, 2 pelayanan kepada korban kekerasan seksual, 9 pelayanan kepada korban kekerasan eksploitasi ekonomi.


PKSAI Kota Mataram yang dibentuk berdasarkan Peraturan Walikota Mataram Nomor 38 Tahun 2019, keberadaaanya merupakan model layanan yang diselenggarakan secara terarah, terpadu dan berkelanjutan. Tujuannya mencegah terjadinya hambatan dan gangguan pemungsian sosial pada anak dan keluarganya, memulihkan dan mengembangkan fungsi sosial anak, keluarga, dan lingkungan sosialnya sehingga anak tumbuh kembang secara optimal.

Sesuai SK Walikota Mataram Nomor : 1105/IX/2019, Pembina PKSAI Kota Mataram adalah Walikota Mataram dan Wakil Walikota Mataram, Pengarah Sekretaris Daerah Kota Mataram serta Ketua Tim oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram. Institusi Layanan yang tergabung dalam PKSAI Kota Mataram adalah Polresta Mataram, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Kementerian Agama, Bagian Organisasi Setda Kota Mataram, Bagian Hukum Setda Kota Mataram, Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Tim PKK Kota Mataram, LPA Kota Mataram. Sekretariat PKSAI Kota Mataram saat ini beralamat di Jalan Jln. R.A. Kartini No.3 Monjok Timur., Kec. Selaparang, Kota Mataram.. hm

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.