Berbagi Berita Merangkai Cerita

Wakil Menteri ATR/BPN Tinjau PKTI TNGR

6

Wamen di dampingi Wabup Lotim

SELONG, DS – Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra mengunjungi Desa Bebidas untuk meninjau lokasi Pemanfaatan Kawasan Tanpa Izin (PKTI) di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Selasa (06/10/2020).

Pada Kesempatan tersebut, Kepala Balai TNGR, Dedy Asriady menjelaskan keberhasilan pemerintah daerah dalam menyelesaikan konflik lahan dengan masyarakat. Keberhasilan penanganan konflik yang dilakukan pemerintah daerah dengan melakukan pendekatan represif kepada masyarakat.

“Kebetulan lokasi ini menjadi bagian dari taman nasional gunung rinjani. Sempat dirambah sejak tahun 2015 lalu dan dilakukan pendekatan secara represif,” jelas Dedy.

Dari 113 hektare lahan yang ada dikawasan TNGR tersebut telah dibagi pengelolaannya antara pemerintah dengan masyarakat. Dengan memberikan akses pegelolaan ekonomi, namun tetap mempertahankan pengelolaan ekologinya.

Perlunya dipertahankan pengelolaan ekologi demi menjaga ketersediaan sumber air. “Pentingnya lokasi ini sebagai sumber air bagi masyarakat. Bukan hanya satu desa, tapi satu kecamatan,” terangnya.

Skema lain yang dilakukan untuk pemanfaatan kawasan TNGR adalah dengan memberikan akses pengelolaan kawasan wisata oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Sementara itu, Wamen Surya Tjanda berpesan harus ada titik temu untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dan keberlangsungan ekologi. Sehingga ada jamiman keadilan untuk alam dan manusia.

“Ini yang terbaik menurut kami, lingkungan, ekologi, dan masyarakat harus ada titik temu. Jadi, fungsi hutan harus kita jaga,” pesannya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.