BSK Samawa

Wakil Ketua I DPD RI Isi Kuliah Umum di Kampus Universitas Mataram

Foto : Kuliah Umum di Kampus Universitas Mataram. mad

Mataram, DS- Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia mengisi kuliah umum di Kampus Universitas Mataram, Kamis (31/3). Diskusi bertema “Akselerasi Pembangunan Kelautan dan Kepulauan untuk Suksesnya Pembangunan Kawasan Strategis Provinsi (KSP) di NTB”.

Acara yang bertempat di Aula Gedung Rektorat Universitas Mataram tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Mataram, Prof. Ir. Bambang Haris Kusuma, M. Agr.,Ph.D. “Hadirnya DPD RI dalam kuliah umum kali ini akan memberikan pemahaman bagi kita tentang Pembangunan Kawasan Strategis Provinsi (KSP) di NTB,” ungkapnya pada kuliah umum yang juga dihadiri empat anggota DPD RI Dapil NTB (Evi Apita Maya, H Achmad Sukisman Azmy, TGH Ibnu Halil, dan H Lalu Suhaimi Azmi), Direktur Pasca Sarjana, Dekan dan Wakil Dekan Se Universitas Mataram, Ketua Jurusan dan Ketua Prodi se Universitas Mataram, dan perwakilan mahasiswa Universitas Mataram.

Wakil Ketua I DPD RI, Dr. Nono Sampono, S. Pi.,M.Si. mengatakan banyaknya potensi yang dimiliki oleh NTB khususnya wilayah kepulauan, harus dikelola sebaik mungkin agar potensi kelautan menjadi daya tarik untuk menyejahterakan masyarakat NTB dari daerah kepulauan tertinggal. Apalagi setelah adanya Sirkuit MotoGP, kata dia, NTB menjadi sorotan bagi masyarakat banyak baik nasional maupun internasional.

“Di Indonesia tercatat masih ada delapan daerah kepulauan yang masih dianggap sebagai daerah tertinggal yaitu Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bangka Belitung dan Riau.” ungkapnya.

Untuk mengejar ketinggalan sebagai daerah tertinggal, menurutnya, DPD RI sedang mendorong Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Daerah Kepulauan yang diusulkan DPD RI agar segera dibahas dan disahkan menjadi Undang-Undang agar bisa menjadi pendongkrak kebangkitan perekonomian daerah kepulauan khususnya di NTB. mad.

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.