Wakapolres Lombok Utara Tekankan Pentingnya Mitigasi Hadapi Kekeringan

Lombok Utara, DS-Wakapolres Lombok Utara Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, menekankan pentingnya mitigasi dan perencanaan yang matang untuk mengatasi dampak kekeringan dan bencana alam lainnya.

“Kita harus proaktif dalam menghadapi bencana alam, termasuk kekeringan yang sering kali mempengaruhi wilayah kita,” ujar Wakapolres, Saat mewakili Kapolres Lombok Utara AKBP DIdik Putra Kuncoro, S.I.K, M.S, Kamis 21/3/2024, pada Rapat Focus Group Discussion (FGD) di Aula Bupati Lombok Utara.

Pertemuan ini berfokus pada pembahasan draf final dokumen rencana kontigensi kekeringan yang akan menjadi panduan bagi Kabupaten Lombok Utara dalam menghadapi potensi bencana kekeringan yang mungkin terjadi.

Sementara itu Kalak BPBD Lombok Utara, M. Zaldi Rahadian, ST, menambahkan bahwa fenomena El Niño dan La Niña memiliki dampak signifikan terhadap pola cuaca di wilayah tersebut.

“Kita perlu memahami dan bersiap terhadap perubahan cuaca yang ekstrem, baik itu kekeringan atau hujan lebat yang dapat menyebabkan longsor,” jelasnya.

Pertemuan juga membahas tentang
pentingnya kerjasama antarlembaga dan pemberian informasi yang akurat kepada masyarakat, khususnya terkait masa tanam dan pola pertanian yang tepat untuk mengurangi risiko kerugian akibat kekeringan.

Dengan adanya rencana kontingensi yang baru, diharapkan Kabupaten Lombok Utara dapat lebih tangguh dalam menghadapi tantangan kekeringan dan bencana alam lainnya di masa depan.hm

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.