Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 2 Des 2019 19:14 WITA ·

Wagub NTB : Keterbukaan Informasi Akan Menumbuhkan Kepercayaan Publik


					Hj Sitti Rohmi Djalillah, saat penganugerahan keterbukaan informasi publik Komisi Informasi NTB Perbesar

Hj Sitti Rohmi Djalillah, saat penganugerahan keterbukaan informasi publik Komisi Informasi NTB

MATARAM,DS-Membangun kepercayaan publik adalah kebutuhan. Dan keterbukaan informasi publik melalui predikat badan publik informatif adalah salah satu media untuk menumbuhkan percayaan masyarakat kepada pemerintah sebagai badan publik. Oleh sebab itu mempertahankan predikat badan publik informatif adalah kerja sepanjang waktu.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah, saat penganugerahan keterbukaan informasi publik Komisi Informasi NTB, tingkat Provinsi NTB Tahun 2019 di hotel Lombok Raya Mataram (28/11-2019).

“Anugerah yang diterima badan publik hari ini bukan penghargaan abadi. Bagi badan publik yang belum meraih predikat tertinggi harus meningkatkan pelayanan informasinya dan bagi yang sudah informatif harus tetap dipertahankan di tahun tahun berikutnya,” ucap Umi Rohmi.

Ditambahkannya, informasi yang terbuka justru akan menghasilkan feedback yang baik bagi OPD bersangkutan. Membangun kepercayaan dengan jujur dan komunikatif di era informasi apalagi didukung dengan teknologi menjadikan pemerintah dekat dengan masyarakat. Ditambah dengan gaya kepemimpinan yang memang terbuka seperti Gubernur Zul memudahkan pemerintah mengomunikasikan program program agar mudah dimengerti sehingga nantinya mendapat dukungan dan partisipasi semua pihak, tegas Wagub Umi Rohmi.

Tiga predikat bagi badan publik yakni informatif, menuju informatif dan partisipatif diraih masing masing untuk badan publik vertikal yakni KPU NTB dengan predikat Informatif , BPK RI NTB, BPKP NTB dan Pengadilan Tinggi Agama Mataram dengan predikat Menuju Informatif.

Sedangkan kategori kabupaten/ kota berurutan diterima kabupaten Lombok Barat dan kota Mataram dengan predikat Informatif. Sedangkan kabupaten Sumbawa Barat, kabupaten Lombok Tengah serta kota Bima dengan predikat Menuju Informatif.

Untuk organisasi perangkat daerah diterima berurutan, Humas Setda Provinsi, RSUD NTB dan Bappeda dengan predikat Informatif. RSJ Mutiara Sukma, Dinas Perhubungan NTB dan BPSDMD NTB dengan predikat Menuju Informatif. Sedangkan predikat Partisipatif diraih .PT Jamkrida NTB Bersaing.

Anugerah badan publik informatif diserahkan langsung Wagub Umi Rohmi, didampingi Kadis Kominfotik dan Ketua KI. Sedang Penghargaan untuk badan Publik Menuju informatif diserahkan Ketua KI NTB, Hendriadi didampingi seluruh komisiner dan Badan Publik Partisipatif diserahkan Plt.Kadis Kominfotik NTB Gde Putu Aryadi.

Meski indeks keterbukaan badan publik di NTB dinilai KI NTB naik namun Wakil Gubernur Gubernur berharap seluruh badan publik di NTB dapat mengikuti capaian NTB yang secara nasional meraih predikat tertinggi yakni informatif, bersama 7 Provinsi lainnya dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Wagub berharap capaian itu dapat didukung hingga ke level badan publik terbawah untuk kemajuan daerah. hmko

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kata Wagub NTB, Ponpes Harus Melek Teknologi dan Ikut Perkembangan Zaman

6 Oktober 2022 - 16:54 WITA

Seru, Kuliah Umum Mahasiswa FH UGR

5 Oktober 2022 - 19:38 WITA

Niken Harap Penyelenggaraan PAUD yang Holistik

5 Oktober 2022 - 17:46 WITA

Enam Lterasi Dasar yang Harus Diterapkan untuk Anak

25 September 2022 - 09:35 WITA

Pemprov NTB Siap Jalin Kerjasama dengan UPN Veteran Jakarta

16 September 2022 - 07:47 WITA

Ini Kata Gubernur pada Kuliah Umum Doktor Hasto Kristiyanto

16 September 2022 - 07:43 WITA

Trending di Pendidikan