Menu

Mode Gelap

Pemerintah · 20 Jun 2022 07:16 WITA ·

Wagub NTB Ingatkan Hal Ini pada Jamaah Calon Haji


					Sebanyak 394 orang calon jamaah haji  (CJH) kloter pertama asal kota Mataram,kmf Perbesar

Sebanyak 394 orang calon jamaah haji (CJH) kloter pertama asal kota Mataram,kmf

Mataram,DS-Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah mengungkapkan, hal penting yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan ibadah haji setelah niat adalah kesehatan dan kesabaran.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub NTB ini saat melepas 394 orang calon jamaah haji (CJH) kloter pertama asal kota Mataram, Ahad (19/6/2022) di Asrama Haji Lungkar Selatan, Kota Mataram.

Kecuali itu Wagub juga menguacap syukur setelah dua tahun pelaksanaan haji tertunda karena pandemi, akhirnya calon jamaah haji bisa berangkat tahun ini.

Meski demikian meski Covid-19 telag mereda, Wagub tak pernah merasa bosan menghimbau masyarakat termasuk para calon jamaah haji untukvmelaksanakan protokol kesehatan dan menjaga stamina agar mampu menuntaskan ibadah haji.

Sementara itu, ketua Tim Penyelenggara Ibadah Haji (TPIH) NTB, Dr KH Zaidi Abdad yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB mengatakan, setiap jamaah dibekali 200 masker, 6 handsanitizer dan semprotan anti panas.

“Mengingat cuaca di Mekkah dan sekitarnya yang agak ekstrim dan penanganan kesehatan jamaah untuk protokol kesehatannya”, Abdad nenhelaskan.

Dijelaskannya, dari kuota 401 orang untuk kota Mataram, diberangkatkan 394 orang terdiri dari 205 wanita dan 189 pria. Sedangkan sisa 7 orang akan ikut dalam kloter Loteng dan Lotim.

NTB sendiri yang sebelum pandemi rencananya akan memberangkatkan 4.447 orang, tahun ini berkurang menjadi 2.042 orang. Jika tahun depan pihak Arab Saudi mengeluarkan kebijakan kuota seratus persen maka jamaah yang mundur tahun ini dan menjadi prioritas by system bisa berangkat pada tahun 2023 mendatang.

Adapun terkait inovasi yang dilakukan pemerintah dalam pelayanan haji diantaranya pemondokan haji satu hotel yang memudahkan komunikasi juga tambahan makan menjadi tiga kali sehari serta penanganan kesehatan khusus bagi jamaah dengan teknologi gelang elektronik yang bisa memantau keberadaan dan kondisi kesehatannya.

“Di asrama haji juga kita sediakan live streaming Youtube untuk proses pemberangkatan agar pihak keluarga tak datang ke jalan lingkar, ” tambahnya.

Ia berharap lima kloter CJH NTB lainnya yang akan diberangkatkan setelah pemberangkatan pertama melalui embarkasi BiZAM ini berjalan lancar.kmf

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KTT Bebaturan Siapkan Sapi untuk Hewan Kurban

3 Juli 2022 - 15:26 WITA

Sukses Operasi Pemisahan, Bayi Kembar Siam asal Lombok Boleh Pulang

1 Juli 2022 - 20:22 WITA

Gubernur Ajak Mahasiswa Hindu Bahas Isu Strategis Bangsa

1 Juli 2022 - 12:50 WITA

NTB Jadi Pusat Data iklim Terbesar di Asia Tenggara

1 Juli 2022 - 12:46 WITA

Gubernur NTB Buka MTQ XXIX 2022 Tingkat Provinsi di Lombok Timur

1 Juli 2022 - 12:40 WITA

Wagub NTB Apresiasi Progres Penyelesaian Permasalahan P3D Pemkab dan Kota Bima

30 Juni 2022 - 18:14 WITA

Trending di Pemerintah