Berbagi Berita Merangkai Cerita

WAGUB AJAK CINTAI PRODUK SENDIRI

0 5

MATARAM,DS-Sebagai konsumen yang baik, masyarakat dihimbau untuk teliti sebelum membeli, dan lebih mengutamakan produk-produk buatan dalam negeri. Kritis saat berbelanja penting dibudayakan, agar terhindar dari produk-produk ilegal dan black market yang merugikan masyarakat dan bangsa.

Ajakan tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH. M.Si saat Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2017 tingkat Provinsi NTB, yang dirangkai dengan peluncuran Logo Inovasi I-SHOP NTB (E-Commerce), di Lapangan Umum Sangkareang, Kota Mataram, Jum’at (28/04/2017).

Wagub mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mencintai produk dalam negeri dan dalam daerah. Menurutnya dengan mencintai produk dalam negeri dan dalam daerah, maka pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat. “Karena dengan membeli produk-produk lokal yang dihasilkan oleh masyarakat, akan memberikan arti penting bagi kesejahteraan masyarakat setempat,” ujarnya.

Wagub juga meminta masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas untuk menstabilkan harga di pasaran, terutama menjelang bulan puasa dan lebaran. Untuk menjadi kunsumen cerdas, ia meminta masyarakat untuk meneliti barang-barang yang akan dibeli. Masyarakat juga diminta memperhatikan label dan keterangan yang berbahasa Indonesia serta memperhatikan tanggal kadarluasa barang yang dikonsumsi.

“Belilah sesuai kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan,” tutur Wagub di hadapan Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa, Kementerian Perdagangan RI, Estiningsih. Kepada para pengusaha dan produsen, putra terbaik daerah kelahiran Samawa itu mengingatkan pentingnya memperhatikan mutu produk.

“Agar produk-produk dicintai masyarakat konsumen, perlu peningkatan kualitas barang yang dihasilkan,” saran Wagub. Apalagi, dunia persaingan bebas saat ini sangat ketat dan menjadi hukum alam. Sehingga, produk lokal yang tidak mengikuti perkembangan persaingan pasar, lambat laun akan tertinggal. Terkait keluhan masyarakat dengan kenaikan harga barang menjelang bulan puasa dan lebaran, Wagub menjamin tidak akan ada lonjakan harga. Yang terpenting menurutnya, masyarakat tidak panik ketika ada bahan kebutuhan pokok yang diperkirakan naik. “Pemerintah menjamin harga stabil, terjangkau dan stok aman,” tutur Wagub.

Harkonas 2017 mengusung tema “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri”. Hadir saat itu, Sekda Provinsi NTB, Ir. Rosiady Sayuti, Ph.D beserta istri. Nampak juga, Wakil Walikota Mataram, Mohan Riskana dan beberapa kepala SKPD terkait. Pada acara tersebut, juga digelar pasar murah bagi masyarakat. Hms/r.rabbah

Leave A Reply