Wabup KLU Sangat Antusias Sambut Program BERANI

KLU, DS-Pengurus Lembaga Perlindungan Anak (LPA) NTB melakukan silaturrahim dengan Wabup KLU, Danny Karter Febrianto, Kamis (11/1). Pertemuan serangkaian rencana digelarntya program BERANI yang akan menyasar lima desa di Lombok Utara.

Hadir Ketua LPA NTB, H. Sahan SH bersama jajaran pengurus serta sejumlah pejabat Dinsos PPK KLU. Sebanyak lima desa yang menjadi sasaran program merupakan desa yang rentan terhadap perkawinan anak.Program itu sendiri fokus pada pencegahan perkawinan anak.

“Kegiatan ini berupaya meminimalisir perkawinan anak, ” kata H. Sahan.

Wabup KLU Danny Karter Febrianto mengatakan apa yang akan dilakukan LPA NTB merupakan bentuk kepedulian terhadap generasi muda. Apalagi masalah anak merupakan persoalan hulu.

Karena itu Wabup mendorong program bisa dikolaborasikan dengan berbagai pihak untuk melengkapi puzzle yang masih bolong.

“Perkawinan anak jadi hulu persoalan di KLU. Walau lima desa yang menjadi sasaran, bukan tidak mungkin diduplikasi di desa lain karena banyaknya sumber daya yang bisa dimanfaatkan, ” paparnya.

“Kalau program berhasil dan menyentuh, kenapa tidak diduplikasi sehingga bisa menyebar di 43 desa, ” ujar Danny yang sangat antusias menyambut program BERANI di daerahnya.

Dari aspek regulasi, Wabup menilai wajib dilakukan pembuatan Perdes di seluruh desa karena perlindungan anak menjadi masalah mendesak yang berpengaruh pada sektor lain

Ia mengatakan banyak sektor yang bisa dilibatkan agar kasus perkawinan anak cepat tuntas.

Kata dia, harus duduk bersama melakukan langkah di berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan dan lain-lain.
Diharapkan, sejak SD anak sudah punya pemikiran bahwa pendidikan yang bisa mengubah keadaan masyarakat ke depan. Karena itu harus beri motivasi anak memproteksi agar tidak nikah dini. ian

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.