Berbagi Berita Merangkai Cerita

Usaha Internet Rumahan Tanpa Izin, Begini Sanksinya

129

Ahmad Masfu

SELONG, DS – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) Lombok Timur menghimbau agar pelaku usaha internet rumahan atau RT/RW.net mengurus perizinan usahanya. Hal ini mengacu pada Undang-undang nomer 36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

“Setiap penyelenggara jasa telekomunikasi harus memiliki izin di dalam menjalankan aktifitasnya,” ujar Kepala Dinas Kominfo Lotim, Ahmad Masfu, Selasa (24/02).

Namun sayangnya banyak masyarakat yang tidak tahu dan mengabaikan hal ini. Padahal bagi yang pelaku usaha telekomunikasi yang tidak memiliki izin, bisa dikenakan sanksi hukum.

“Ketika masyarakat tidak tahu tentang itu, makanya kita imbau untuk segera mengurus izinnya. Supaya mereka aman dalam berusaha,” kata dia.

Karena bisa saja usahanya langsung dicabut oleh Aparat Penegak Hukum (APH) jika ditemukan usaha RT/RW.net yang tidak berizin. Seperti yang telah ditegakkan oleh daerah-daerah lain di luar NTB.

“Kominfo itu ranahnya hanya mengimbau, kalau penindakan tugas APH,” tegasnya.

Ia pun menegaskan, statemennya tersebut bukan lantaran adanya program desa pintar yang berjalan untuk memenuhi kebutuhan akses internet masyarakat Lombok Timur. Namun semata-mata demi kenyamanan masyarakat dalam menjalankan aktifitas usahanya.

“Tapi ditafsirkan lain. Penafsirannya karena Pemda punya program desa pintar makanya melakukan penertiban,” tandasnya seraya tersenyum. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.