Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 20 Agu 2017 16:47 WITA ·

UMKM NTB Harus Melek Teknologi


					Dra Hj. Putu Selly Andayani MSi Perbesar

Dra Hj. Putu Selly Andayani MSi

MATARAM, DS- Konsep layanan non tunai harus terus digiatkan kepada para pelaku industri wisata di NTB, tak terkecuali para pelaku UMKM. Sebab, banyak wisatawan, terutama wisatawan mancanegara yang jarang membawa uang tunai kala berlibur.

Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj. Putu Selly Andayani MSi mengatakan, kehadiran layanan non tunai tentu akan memudahkan para wisatawan dalam bertransaksi saat berkunjung ke NTB. Untuk itu, proses sosialisasi dan edukasi kepada para pelaku UMKM agar lebih melek teknologi juga menjadi tanggungjawab bersama.

“Apalagi, para pelaku UMKM mempunyai peranan vital dalam kemajuan sektor pariwisata suatu daerah, termasuk di NTB,” ungkapnya menjawab wartawan, Jumat (18/8).

Selly menegaskan, sebagai destinasi wisata, para UMKM di NTB sudah sepatutnya dibekali mesin Electronic Data Capture (EDC) untuk kemudahan proses transaksi. Selain kemudahan bertransaksi, biasanya belanja dengan pembayaran melalui mesin EDC cenderung lebih tinggi dibanding pembayaran secara tunai.

Selly mencontohkan salah seorang istri gubernur di Sumatera yang membeli mutiara Lombok hingga Rp 60 juta melalui mesin EDC saat NTB Expo. Menurutnya, saat masih menjabat Kepala Dinas Koperasi dan UMKM provinsi NTB beberapa waktu lalu, ia juga menggagas kampung digital di sentra-sentra UMKM yang ada di NTB, seperti di Sekarbela, Mataram, yang dikenal sebagai sentra mutiara Lombok. Dengan digitalisasi, Selly ingin adanya hubungan langsung antara pembeli dan penjual dalam bertransaksi.“Jadi, tidak lagi melalui perantara yang justru merugikan para pelaku UMKM,” tegas Selly.

Selly berharap para pelaku UMKM untuk mau membuka diri dengan membiasakan melakukan pola transaksi pembayaran non tunai. Dari sektor perdagangan, Sally mengaku telah mengumpulkan ratusan pelaku UMKM untuk sosialisasi dan edukasi terkait digitalisasi serta pembentukan i-Shop NTB yang menjadi toko elektronik bersama UMKM di NTB. fahrul

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

JMSI Apresiasi KBRI Madrid dan Dubes RI Kerajaan Spanyol Bangun Poros Global

17 Mei 2022 - 17:49 WITA

Tambah Satu Mobil Tangki Lagi, HBK PEDULI Tingkatkan Suplai Air Bersih Gratis untuk Warga Terdampak Kekeringan di Lombok

17 Mei 2022 - 17:09 WITA

Harga Jagung Anjlok, Gubernur NTB Beri Solusi Jalur Ekspor

15 Mei 2022 - 19:09 WITA

Bakal Buat Baper, Sultan Food Siap Luncurkan Minuman yang Segar-Segar

13 Mei 2022 - 17:39 WITA

Gubernur NTB : Ide Besar Muncul Saat Diskusi Sederhana

12 Mei 2022 - 06:34 WITA

Organisasi Perempuan NTB Diharap Bantu Pemberdayaan Ekonomi

11 Mei 2022 - 08:20 WITA

Trending di Ekonomi