Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Tujuh Kecamatan di Lotim Masih Zona Merah

46
Fathurrahman (kanan)

SELONG, DS – Sebanyak tujuh kecamatan di Lombok Timur masih menjadi zona merah mengingat masih adanya pasien positif Covid-19 yang berasal dari kecamatan tersebut.
Ketujuh kecamatan itu masing-masing Terara, Pringgasela, Aikmel, Wanasaba, Suralaga, Labuhan Haji, dan Selong. “Kondisi hari ini, untuk yang warna hijau, lima Kecamatan. Warna kuning ada sembilan Kecamatan. Merah tujuh Kecamatan,” tutur juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lombok Timur, Pathurrahman, saat gelaran konfrensi Jumat (26/06/2020).
Lebih lanjut Pathurrahman menuturkan, bahwa hingga saat ini, Lombok Timur masih didominasi oleh warna kuning. Yang artinya pasien dalam pengawasan (PDP) masih lebih besar dibandingkan dengan pasien positif. “Warna kuning ini sebagai peringatan bagi masyarakat, bahwa tidak boleh lengah dengan kondisi yang ada saat ini,” tekannya.
Sedangkan lima Kecamatan yang menjadi zona hijau adalah Keruak, Sakra Timur, Montong Gading, Sukamulia, dan Sambelia. Artinya, lima kecamatan tersebut tidak lagi memiliki warga PDP, maupun pasien positif Covid-19.
Dari data yang dirilis tim gugus tugas, diketahui hingga saat ini, kasus positif Covid-19 di Lombok Timur sebanyak 110. Namun, dari jumlah tersebut tidak semuanya merupakan pasien yang berdomisili di wilayah Lombok Timur. 13 diantaranya merupakan warga Lombok Timur yang berada di Kabupaten/ Kota lain di NTB.
“Yang berdomisili di Lombok Timur, 97 orang. Sementara 13 orang itu, warga Lombok Timur yang berada di luar Lombok Timur,” jelasnya.
Dimasa persiapan new normal (tatanan baru) di Lombok Timur, epidemiologis ini juga mengajak insan media untuk terus mengedukasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.
“Oleh karena kita berada dalam persiapan new normal, saya mengajak kepada teman-teman agar tidak jenuh memberikan edukasi kepada masyarakat,” ajaknya. dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.