Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

Transmisi Lokal dan Penularan ke Anak Meningkat, Ini Tindakan Pemprov NTB

0

Mataram,NTB – Kasus transmisi lokal Covid-19 dan penularan ke anak-anak di NTB meningkat tajam dalam beberapa hari belakangan. Tenaga medis pun mulai ikut menjadi korban Covid-19. Hal ini perlu dicegah bersama oleh warga NTB dengan memperkuat penerapan protokol Covid-19.

Demikian disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB, Najamuddin Amy, S.Sos, M.M, Rabu siang, 27 Mei 2020, sehubungan dengan hasil rapat terbatas Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi NTB, di Pendopo Gubernur NTB, Selasa malam, 26 Mei 2020.

Untuk diketahui, jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai 26 Mei 2020 mencapai 537 orang. Sebanyak 272 orang sudah sembuh, 9 orang meninggal dunia serta 256 orang masih positif dan dalam keadaan baik. Hingga 25 Mei 2020, sebanyak 26 balita dan 39 anak usia 6 hingga 18 tahun di NTB diantaranya terjangkit Covid-19.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) cabang Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan upaya deteksi kasus pada anak dari seluruh RS di NTB dan mendapatkan data bahwa hingga tanggal 25 Mei 2020, terdapat 279 anak yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Lalu, terdapat 15 anak berstatus PDP yang meninggal dunia. Diantaranya, terdapat 2 anak yang terkonfirmasi meninggal akibat Covid-19, masing-masing berusia 5 dan 6 bulan. “Dan yang patut menjadi catatan adalah, terdapat 22 anak yang belum diketahui dari mana klaster penularannya,” sebut Najam.

Najam menambahkan, hal lain yang juga menjadi perhatian Gubernur dan Wakil Gubernur NTB saat ini adalah kasus Covid-19 yang berstatus transmisi lokal di NTB. “Jumlahnya semakin banyak. Dan ini menandakan semakin pentingnya kita sama-sama berpartisipasi untuk mencegah penularannya,” tegasnya seraya  menambahkan, korban tertular Covid-19 juga mulai menyasar para tenaga kesehatan (Nakes). hm

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.