Berbagi Berita Merangkai Cerita

TNI Terjun Bersihkan Saluran Irigasi Juran Alas Sumbawa

0 14

MATARAM, DS – Babinsa Jura Alas Koramil 1607-04 bersama kelompok tani Orong Rea dan GP3A DAS Marente melakukan aksi gotong royong bersama membersihkan saluran irigasi sepanjang tiga kilometer di Desa Juran Alas, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Kamis (6/2).

Kegiatan bersih-bersih sampah dengan mengangkat sedimentasi tanah dipinggir saluran irigasi dilakukan guna menyambut tibanya musim penghujan yang oleh petani setempat menjadi berkah untuk melakukan musim tanam.

Saluran iringasi Orong Rea ini akan mengairi lahan pertanian milik 18 Poktan seluas 248 hektar dan seluruh wilayah Kecamatan Alas yang dieprkirakan seluas 500 hektar.

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Hudamengatensi kinerja jajarannya bersama kelompok tani maupun masyarakat dan instansi terkait yang bersinergi membersihkan saluran irigasi untuk pertanian. “Ini upaya yang bagus untuk mendukung peningkatan produk pertanian, apalagi sekarang musim hujan, air akan berlimpah,” ujar Dandim menjawab wartawan dalam siaran tertulisnya.

Menurut dia, program swasembada pangan merupakan program pemerintah yang tertuang dalam program Nawacita. Oleh karenanya, semua pihak diwajibkan mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya di Provinsi NTB.

“Mari kita bangun sinergitas yang baik untuk mewujudkan swasembada pangan menuju ketahanan pangan nasional,” ucap Dandim.

Gotong royong pembersihan saluran irigasi sekunder juga dihadiri Staf Desa Juran Alas, Dinas PU pengairan wilayah Kecamatan Alas dan para petani Orong Rea. RUL.

Leave A Reply