BSK Samawa

TNI Gelar Aksi Bersih Bersih dan Tanam Ratusan Pohon Di Gunung Rinjani

Selong, DS- Ratusan prajurit TNI, Polri dan warga melakukan aksi bersih – bersih dan menanam 600 pohon di Kawasan Gunung Rinjani, Sembalun Lombok Timur, Jumat (02/02/2023).

Dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, ratusan prajurit TNI dari Kodim 1615 Lombok Timur berangkat dari jalur Sembalun sampai pos 2 Pelawangan Gunung Rinjani.

Sambil mendaki mereka memungut sampah terutama plastik yang berserakan di jalur pendakian dan menanam 600 pohon di sepanjang jalur pendakian dari Sembalun sampai pos 2 Pelawangan.

Tak hanya itu, Pangdam bersama Wakapolda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan, Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi, Pj Bupati Lombok Timur M. Juani Taofik melepas 100 ekor burung di kawasan Gunung tertinggi ke tiga di Indonesia itu.

Aksi bersih – bersih dan tanam ratusan pohon ini sebagai rangkaian Hari Juang Kartika TNI AD dengan tema TNI AD bersama rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI.

“Wujudnya pertama tadi kita tanam pohon, terus bersih bersih sampah dan ketiga kita melepas burung”, ucap Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi.

“Alam ini bukan warisan tapi titipan dan titipan kita titipkan lagi ke generasi berikutnya. Mari kita bersama menjaga alam ini sehingga bisa menjadi tempat nyaman bagi generasi berikutnya”, sambungnya.

Kegiatan seperti ini, lanjutnya akan terus dilaksanakan jajaran TNI adi semua tingkatan sesuai dengan arahan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Sementara itu, Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi menambahkan gotong royong TNI Polri dan berbagai pemangku kepentingan sebagai upaya agar untuk menjaga ekosistem kawasan Gunung Rinjani tetap lestari.

“Bagaimana menjaga kelestarian Gunung Rinjani sehingga pada saatnya menjadi destinasi berkelas dunia”, ujarnya.

Karena itu, dia berharap semua pihak dari pemerintah, pengelola, para pendaki dan masyarakat agar ekosistem dan kelestarian alam Kawasan Gunung Rinjani tetap dijaga dengan baik.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.