Berbagi Berita Merangkai Cerita

TNI Garda Terdepan Bantu Percepatan RTG di NTB

0 5

MATARAM, DS – Kepala BPBD NTB H. Ahsanul Khalik, mengatakan berjalannya proses percepatan rehab dan rekon pasca bencana gempa bumi beberapa waktu lalu, tidak lepas dari peran jajaran TNI. Itu menyusul, dari sekitar 200 unit rumah terdampak gempa (RTG) yang sudah dikerjakan sebelumnya, saat ini di lapangan sudah mencapai hampir 200 ribu unit rumah yang sudah dikerjakan.

“Ini tidak lain karena peran aparat TNI. Salah satunya Pasukan Zeni TNI yang bertugas selama setahun lamanya di NTB,” kata Ahsanul di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Senin (30/12).

Ia mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang dilakukan aparat TNI selama ini. “Atas nama pemprov NTB dan masyarakat terdampak gempa kami berterima kasih atas pendampingan dan bantuannya selama ini,” ucap Ahsanul Khalik.
Terpisah, perwakilan BNPB RI Mayjen TNI Komarudin Siregar penyampaikan permohonan maaf Kepala BNPB RI Letnan Jenderal TNI Doni Monardo yang tidak bisa hadir ditempat ini untuk melepas para Prajurit Batalyon Zeni TNI yang telah melaksanakan proses percepatan rehab rekon terpadu selama satu tahun di NTB.

Dijelaskannya, Gubernur NTB sebenarnya meminta anggota Satgas di NTB sampai bulan Maret 2020 karena kinerja kalian sangat bagus. Namun Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., memiliki pertimbangan lain mengingat kalian sudah melaksanakan tugas selama satu tahun,

“Jadi harus ditarik dan kembali ke kesatuan masing-masing, sehingga Kepala BNPB RI dan Gubernur NTB loyal walaupun cinta kepada kalian” papar mantan Pangdam IX/Udayanan tersebut.

Namun surat permohonan Gubernur NTB, sambungnya, akan tetap disampaikan kepada Panglima TNI dan berharap semoga penggantinya segera datang dan melaksanakan tugas sampai bulan Maret 2020.

Selain itu, Komarudin juga menyampaikan pesan dari Kepala BNPB RI bahwa Kepala BNPB RI mengucapkan terimakasih yang setinnggi-tingginya dan rasa bangga yang tak terhingga kepada para Prajurit Batalyon Zeni TNI yang telah melaksanakan tugas dengan semangat dan sukses. “Pesan tersebut agar disampaikan kepada Komandan satuan kalian masing-masing,” jelasnya.

Kepala BNPB RI juga memberikan dana pembinaan sebesar 50 juta kepada masing-masing Kompi.

Pada apel Pasukan Batalyon Zeni TNI di Pelabuhan Lembar terlihat hadir juga Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, Bupati Lombok Utara, para Dandim jajaran Korem, Kapolres Lobar, Danyonif 742/SWY, Dan/Ka Satdisjan Korem dan para undangan lainnya. RUL.

Leave A Reply