Berbagi Berita Merangkai Cerita

TNI Dirikan Dapur Umum untuk Pengungsi Banjir Bandang di Bima

29

Kegiatan membuka dapur umum

MATARAM, DS – Berbagai upaya dilakukan dalam penanggulangan bencana banjir bandang di Kabupaten Bima yang telah meluluh lantakkan berbagai fasilitas umum dan tempat tinggal warga.

Hal paling utama yang diperhatikan setelah banjir terjadi adalah kebutuhan makanan, air bersih dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat terdampak. Apalagi, hujan yang turun selama kurang lebih sembilan jam pada Sabtu (3/4), di seluruh wilayah Kabupaten Bima menyebabkan bendungan yang ada di empat kecamatan meluap, sehingga menggenangi persawahan dan perumahan warga di 29 desa.

Tercatat wilayah yang terdampak banjir adalah Kecamatan Madapangga, Kecamatan Bolo, Kecamatan Woha, dan Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, NTB.

Dikabarkan banjir terjadi mulai pukul 15.00 WITA. Tinggi mata air saat kejadian dilaporkan berkisar antara 50 sampai 200 sentimeter

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, pascaterjadinya banjir bandang tersebut, pihaknya sudah meminta jajarannya untuk membuka dapur lapangan dan fasilitas kesehatan. Salah satunya, di kecamatan Monta, Kabupaten Bima.

Selain itu, beberapa dapur lapangan juga telah berdiri yang dibangun bersama aparat TNI Polri dan BPBD di kantor Camat Monta.

“Tadi saya cek langsung, bahwa dapur umum juga ada dari dapur lapangan Kodam IX/Udayana dan Korem 162/WB di desa Pela, Simpasai, Sie, Tangga, Monta, dan desa Sakuru Kecamatan Monta. Alhamdulillah, sudah mulai berdiri dan melayani masyarakat terdampak banjir bandang di Bima,” jelas Danrem pada wartawan, Selasa (6/4).

Menurut Rizal, keberadaan dapur lapangan ini untuk membantu penyiapan makanan siap saji bagi korban banjir. Di mana, dengan kesiapan fasilitas kesehatan dihajatakan untuk mengecek kesiapan, baik kelengkapan maupun cadangan obat-obatan.

“Apabila ada kendala apapun bentuknya, seperti obat-obatan ataupun mobil ambulance agar segera disampaikan kepada pejabat militer yang ada,” kata Danrem.

“Insyaa Allah, pada kesempatan pertama kami akan segera membantu,” sambungnya.

Usai mengecek dapur umum dan fasilitas kesehatan di Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Danrem 162/WB menyempatkan memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.