Berbagi Berita Merangkai Cerita

Tinggal Satu Positif Corona yang Dirawat di KLU, Layanan Karantina Kosong

32

KLU,DS-Penanganan dan pelayanan medis bagi pasien Covid-19 difokuskam di RSUD KLU. Saat ini RSUD setempat hanya merawat 1 orang positif, sedangkan Unit Layanan Karantina dalam keadaan kosong (sedang tidak merawat pasien positif Corona).

Anggota Bidang Kehumasan/Juru Bicara Covid-19 KLU, Haerul Anwar, S.Kom, dalam siaran persnya Selasa, 23 Juni 2020, memaparkan jumlah yang sudah di lakukan RDT di KLU sebanyak 2.958 orang. Hasilnya reaktif sebanyak 172 orang dan non reaktif sebanyak 2.786 orang.

“Total RDT sejumlah 6.330 set, dan saat ini ketersediaan RDT di Dinas Kesehatan masih tersisa sejumlah 3.372 set.(pertanggal 23 Juni 2020),” ungkapnya.

Sementara itu perkembangan penanganan Covid-19 pertanggal 22 Juni 2020, ODP (Orang Dalam Pemantauan) : 7 orang (isolasi mandiri), OTG (Orang Tanpa Gejala) : 181 orang (isolasi mandiri), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) : 30 orang (isolasi mandiri), positif : 46 orang,  Sembuh : 44 orang,  masih dalam perawatan medis : 1 orang, dan meninggal : 1 orang.

Selain melakukan pekayanan medis, Pemkab dan para donatur juga menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) tahap III yang diberikan kepada 355 KK dengan jumlah Rp 600.000,- per-KK. Selain itu pemberian sembako oleh Dinas Sosial kepada keluarga pasien yang reaktif dan positif serta layanan terhadap pasien positif Covid-19 dan ODP reaktif pada Unit Layanan Karantina di laboratorium secara teratur, dari mulai layanan medis, layanan tempat, maupun layanan kuliner bagi yang terdampak Covid-19.

“Sesuai perkembangan Covid-19 di Lombok Utara, meski  keadaan sudah mulai relatif pulih, diserukan untuk tetap jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan gunakan masker,” kata Haerul Anwar.

Menurutnya, dalam rangka pencegahan dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KLU, sepekan sebelumnya telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya pengamanan dan pengecekan suhu tubuh pada 3 kawasan perbatasan KLU, yaitu Pusuk Pass, Klui Malaka dan Sambik Elen Bayan, penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum yang ada di Lombok Utara serta penyuluhan tentang penyebaran pandemi Covid-19, penertiban penataan jarak lapak antarpedagangdi Pasar Tanjung, dan Pasar Pemenang. hm

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.