Berbagi Berita Merangkai Cerita

Timbun Logistik Alasan Corona, Polisi akan Tindak Tegas

0 32

SELONG,DS-Usai menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pimpinan OPD dan camat se-Lombok Timur, Sekda Lotim, H.M Juaini Taofik, mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu panik menghadapi konidisi 2 minggu kedepan. Sebagaimana Pemprov NTB telah mengeluarkan himbauan untuk meminimalisir kegiatan untuk mengantisipasi penularan virus Covid-19.

Kepanikan yang dimaksudkan Taofik adalah kekhawatiran masyarakat terkait ketersedian logistik terutama bahan makanan di Kabupaten Lombok Timur. Menurut Taofik, ketersedian logistik di Lombok Timur masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sedangkan terkait kemungkinan terjadinya penimbunan logistik oleh pihak yang tidak bertanggung jawab menjadi salah satu atensi penanggulangan oleh Pemda dengan melibatkan pihak kepolisian.
“Tidak perlu terlalu panik dengan kemungkinan penimbunan logistik. Karena kita libatkan kepolisian dalam mengantisipasi hal itu,” pungkasnya.

Sementara terkait suplai, Taofik mengatakan Pemprov NTB juga telah menjamin ketersedian logistik. Sehingga, tidak ada alasan bagi siapapun untuk melakukan penimbunan. Jika ada yang melakukan penimbunan, akan terancam dengan pasal 29, Undang-undang nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.
“Sudah ada jaminan. Di rapat provinsi pun sudah ada jaminan rantai logistik tidak akan berubah. Yang diawasi ketat itu adalah rantai manusia,” tandasnya.

Untuk mencegah kesimpang siuran informasi terkait Corona, Pemda Lotim juga menyiapkan Media Center sebagai pusat penyampaian informasi kepada publik melalui media masa agar informasi yang disampaikan ke masyarakat merupakan informasi yang benar-benar disampaikan oleh ahlinya.

“Hari ini ada 3 OPD yang kita tugaskan. Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, dan Diskominfo. Media Center itu akan mulai efektif besok,” ucapnya.

Sementara itu ditemui terpisah, Kapolres Lombok Timur, AKBP Tunggul Sinatriyo menegaskan pihaknya akan menindak pelaku penimbunan. Ia pun menghimbau agar distributor tidak melakukan penimbunan makanan pokok yang dapat menyebabkan kelangkaan.

“Jangan ditimbun. Makanan-makanan pokok jangan ditimbun,” himbaunya.

Tindakan pencegahan, dan penegakan hukum akan dilakukan Polres Lotim untuk mendukung kebijakan Pemda Lotim. “Intinya kebijakan Pemda apapun, kami dukung,” tegasnya. dd

Leave A Reply