BSK Samawa

Tiga Saksi Parpol Tolak Hasil Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Lombok Timur

Selong,DS – Tiga saksi partai politik (Parpol) dari 18 parpol peserta Pemilu di Kabupaten Lombok Timur menolak hasil Pleno rekapitukasi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur.Tiga parpol itu yakni Partai Gelora, Partai Nasdem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P).

Ketua KPU Lombok Timur, Ada Suci Makbullah, mengatakan tidak setujunya tiga parpol tesebut karena ada beberapa alasan, diantaranya hilangnya suara partai dan permintaan revisi ulang perhitungan suara di sejumlah kecamatan.

Keberatan yang dilontarkan oleh partai Gelora bukan untuk semua keputusan hasil pleno dari semua kecamatan, namun hanya 1 kecamatan yang dipersoalkan yakni di Kecamatan Jerowaru.

“Tapi itu susah kita akomodir dan kita kasih form keberatan saksi,” katanya seraya menjelaskan, berdasarkan petunjuk teknis (Juknis) tata cara rekapitulasi surat keputusan RI No. 219, jika ditemukan saksi keberatan dan tidak bisa dilakukan di kabupaten dan nanti disampaikan di pleno tingkat provinsi.

Meski demikian, Suci memastikan, pada prosesnya dari keberatan yang diajukan 3 saksi Parpol tersebut, tidak ada indikasi kecurangan.

“Kemungkinan salah input karena di Jerowaru yang di persoalkan, malahan mereka buka kotak langsung, dan itu di klarifikasi tingkat kabupaten,” katanya.

Ditegaskan, sudah menjadi hak semua Parpol untuk melakukan keberatan jika hasil dari pleno tidak sesuai harapan.

Sedang untuk protes yang dilakukan oleh saksi partai NasDem berkaitan dengan hasil rekap suara DPRD Provinsi.

“Mereka merasa suara partainya banyak yang hilang, tapi itu menjadi ranah internal di NasDem. Kalau kami berlandaskan D hasil di Kecamatan,” ungkapnya.

Keberatan juga dilontakan oleh PDIP.

“Nantinya 3 partai ini akan diakomodir form keberatannya untuk dibahas lebih lanjut di Pleno tingkat Provinsi,” kata Suci.li

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.