Berbagi Berita Merangkai Cerita

Tiga Langkah Kendalikan Corona di KLU

22

KLU,DS-Pemkab Lombok Utara menerapkan tiga langkah pencegahan dan pengendalian Covid-19. Sementara ini yang terkonfirmasi positif Covid 19 mencapai 19 orang.

Kepala Dinas Kesehatan KLU, dr. H. L. Bahrudin yang didampingi Dirut RSUD KLU, dr. H. Syamsul Hidayat, dalam keterangan persnya terkait Perkembangan dan Penanganan Medis Covid-19 di Lombok Utara, Jumat (28/8), memaparkan tiga langkah tersebut.

Pertama, Pemantauan dan pengawasan kepada pelaku perjalanan (domestik maupun internasional) pada pintu masuk laut, darat dan udara. Kedua, Melakukan testing, tracking dan treatment dan ketiga, Menerapkan protokol kesehatan (cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, jaga jarak, PHBS).

Perkembangan Kasus Covid-19 di Kabupaten Lombok Utara hingga Kamis, 27 Agustus 2020, menyebutkan Pelaku Perjalanan yang dikarantina mencapai 1.078 orang (1 orang masih karantina), Kontak Erat  775 orang (54 orang masih karantina), Suspek 594 orang.

Sementara itu terkonfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 94  orang meliputi, sembuh 76 orang, masih dalam perawatan medis 14 orang dan meninggal    sebanyak 4 orang

Populasi berisiko yang sudah diperiksa dengan metode Rapid Test masing-masing: Kontak erat pasien dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 serta Nakes dan pelajar/mahasiswa yang keluar daerah, Pelaku Perjalanan lainnya (buruh/pekerja lepas ).

“Bagi Semua orang yang telah dilakukan pemeriksaan  dengan Rapid Diagnostik Tes (RDT) dan Hasil RDT Reaktif akan dilanjutkan dengan pemeriksaan SWAB sebagai standar pemeriksaan laboratorium untuk memastikan Diagnosa Konfirmasi Covid-19. Semua Suspek Covid-19 dilakukan pemeriksaan Swab,” papar dr. H. L. Bahrudin.

Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, kata dia, petugas kesehatan tetap melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif.

“Diserukan kepada semua lapisan masyarakat Kabupaten Lombok Utara untuk tetap tenang menerapkan physical distancing (jaga jarak), gunakan masker, hindari kerumunan, serta melakukan pola hidup bersih dan sehat. Mari kita terus memperkuat kolaborasi, kerja sama dan tetap semangat untuk melakukan pembinaan, sosialisasi dan edukasi secara humanis serta persuasif untuk meminimalisir jatuhnya korban akibat Covid-19,” urainya seraya menambahkan untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Lombok Utara.

Sementara itu jumlah Unit Pelayanan Pasien Covid – 19 di RSUD KLU meliputi Isolasi Sentral 16 bed, Isolasi Irna 2 Lt. II 23 bed dan Unit Layanan Karantina 81 bed. hm

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.