Berbagi Berita Merangkai Cerita

TGB Tausiyah Subuh di Masjid Al Ilham Kronggahan, Sleman

0 64

SLEMAN,DS-Tuan Guru Bajang (TGB) atau Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi melakukan safari dakwah di Yogyakarta. Kegiatan diawali dengan subuh berjamaah sekaligus menyampaikan tausiyah di Masjid Al Ilham Kronggahan, Sleman, DIY, Minggu (14/05/2017) subuh.

Di hadapan ratusan jama’ah, TGB mengupas doa saput jagad sebagai bahan renungan kehidupan sehari-hari. Menurutnya, doa saput jagad memiliki tiga permohonan utama untuk didalami siapa saja yang menginginkan keselamatan.

“Cukuplah doa saput jagad, Rabbana aatina fiddunya hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqina ‘adzaa bannaar, menjadi renungan kita. Ini merupakan panduan,” begitu tausiyah TGB.

Dijelaskan, fiddunya hasanah menurut pendapat para ulama, memiliki tiga intisari yaitu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan ibadah yang diterima Allah SWT.

Yang dimaksud ilmu yang bermanfaat, kata TGB, adalah ilmu yang ketika dipelajari dan didalami akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ilmu yang jika dibaca juga akan membuat seseorang takut kepada Allah SWT.

Sedangkan rezeki yang halal adalah rezeki yang didapat di jalan Allah SWT. Rezeki yang halal ini juga akan sangat menentukan kualitas ibadah seseorang. “Rizki yang kita makan bukan hanya untuk kebutuhan tubuh kita, melainkan ia juga berpengaruh kepada jiwa,” ujarnya.

TGB mengingatkan, jika suatu saat manusia merasa berat melaksanakan ibadah maka segeralah memeriksa rezeki yang diperoleh. Karena, rezeki yang tidak baik juga akan mempengaruhi dikabulkannya doa.

Ia mencontohkan, suatu ketika imam Ahmad bin Hambal pernah merasa ada yang tidak biasa dengan ibadahnya, ternyata hal itu dikarenakan sebuah apel dari kebun yang tanahnya masih disengketakan anak yatim. “Oleh karena itu, mulai saat ini mari mulai kita sisir seluruh Rizki yang kita peroleh agar kehidupan kita menjadi berkah,” tutur gubernur dari kalangan pesantren ini.

Hal lain yang disampaikan TGB dalam tausiyah subuh waktu itu adalah ibadah yang diterima Allah SWT. Syaratnya, adalah niat yang baik sesuai tuntunan yang dicontohkan Rasulullah SAW.hms/r.rabbah

Leave A Reply