Berbagi Berita Merangkai Cerita

TGB Minta Penyiapan Fasilitas Publik di Mandalika Diprioritaskan  

0 13

MATARAM, DS – Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokoler Setda NTB, Irnadi Kusuma, mengatakan kedatangan Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi ke kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah pada Rabu (24/1) lalu guna melakukan wawancara khusus dengan salah satu stasiun televisi swasta nasional MNC TV terkait kiprah TGB dalam membangun wilayahnya selama ini.

Meski demikian, kepala daerah dua periode tersebut menyempatkan waktu mengecek progres pembangunan fisik yang kini dilakukan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) di wilayah tersebut.

“Prinsipnya, sambil menyelam minur air, pak gubernur mengecek satu satu persatu hasil pengerjaan proyeknya. Umumnya, pak gubernur sangat puas atas pengerjaan fisik yang dilakukan pihak ITDC,” ujar Irnadi menjawab wartawan yang dimintai komentarnya terkait kunjungan Gubernur ke Mandalika, Kamis (25/1).

Irnadi menuturkan, sepanjang perjalanan saat meninjau fasilitas pendukung yang sedang dalam proses pengerjaan di Pantai Kuta Mandalika, TGB bertanya kepada  BUMN yang ditunjuk mengelola KEK Mandalika tentang aspek pembangunan berbagai infastruktur dasar seperti akses jalan, saluran drainase, listrik, air, area parkir, dan akses pengamanan. Bahkan, Gubernur juga menanyakan progres pembangunan fasilitas publik yang mampu diakses masyarakat secara gratis.

Kata Irnadi, Gubernur tidak menghendaki  saat dioperasionalkan ITDC tidak memperbolehkan masyarakat umum serta wisatawan menikmati keindahan Pantai Mandalika. Selain itu, diharapkan  jangan lagi ada hewan  yang berkeliaran di KEK tersebut.

“Jadi, bangunan sempadan pantai yang sempat diributkan itu adalah untuk penyiapan fasilitas publik. Oleh pak Gubernur, bangunan yang dihajatkan bagi area publik agar dipersilahkan untuk dilanjutkan. Tapi, tetap harus disesuaikan dengan regulasi yang ada, baik dari pemkab Loteng maupun Pemprov NTB,” jelas Karo Humas.

Menurutnya, Gubernur juga menginstruksikan agar ITDC tetap memperhatikan keinginan masyarakat sekitar termasuk melakukan penataan nelayan agar bisa masuk ke dalam Pantai Mandalika. TGB berharap, akses jalan yang sedang dibangun di dalam kawasan nantinya bisa bebas dari kendaraan bermesin, dan kendaraan berat demi keasrian alam dan kenyamanan wisatawan yang datang.

Menurut TGB, kendaraan pengunjung cukup ditempatkan di areal parkir di luar kawasan. Untuk mobilitas di dalam kawasan, TGB berharap pengunjung berjalan kaki, menggunakan sepeda, atau ada fasilitas kendaraan ramah lingkungan.

“Ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan juga menghindari polusi dan kesemrawutan. Yang jelas, aspirasi masyarakat lokal harus diperhatikan. Diantaranya, jangan sampai ada pembangunan di Mandalika yang tidak memperhatikan kondisi lingkungan dan keberlanjutannya,” tandas Irnadi Kusuma.fahrul

Leave A Reply