Berbagi Berita Merangkai Cerita

TGB Minta ASN Pemprov NTB Fokus Bekerja saat Suksesi Pilkada 2018

0 8

MATARAM, DS – Seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemprov NTB diminta tetap fokus bekerja ditahun politik dengan akan dihelatnya Pilkada serentak tahun 2018. Hal itu penting, lantaran hingga masa akhir pemerintahan Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi dan Wakil Gubernur H. Muhamad Amin (TGB-Amin) yang akan habis pada September 2018, justru masih ada enam indikator kinerja pemerintahan yang belum dituntaskan. Salah satunya, program penurunan angka buta huruf menjadi nol.

Meski demikian, Gubernur mempersilakan para ASN memilih pasangan calon. Namun, tetap sesuai peraturan dengan tidak mengenakan atribut ASN dalam acara politik terkait Pilkada tersebut.

“Ruginya bukan kepada saya dan anda secara langsung, tapi akan rugikan masyarakat. Yang jelas, disisa pemerintahan ini, ada 6 indikator kinerja yang harus fokus kita selesaikan,”  ujar Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi saat memimpin rapat pimpinan lengkap di Ruang Rapat Utama (RRU), Kantor Gubernur NTB, Rabu (3/1).

TGB mengimbau para ASN memaknai tanggung jawab sebagai pelayan publik dengan menjadikannya sebagai bagian dari ibadah.  Apalagi, perhelatan Pilkada, bisanya akan mempengaruhi kinerja para ASN.

Untuk itu, Gubernur meminta para ASN agar tetap profesional dalam menjalankan tugas. “Bisanya kalau masuk Pilkada itu ritme kerja kita berpengaruh, ya itu di silahkan, tapi kalau sudah masuk dalam konteks peraturan hati-hati dan menyangkut program, gas tetap kencang karena itu akan menentukan kita ke depan,” tegas TGB.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengajak para ASN mendukung siapapun suksesornya nanti demi kemajuan NTB. TGB tidak ingin hanya karena dia sudah tak lagi menjabat sebagai Gubenur NTB, para ASN lantas menurunkan kinerjanya. “Di forum ini, saya hanya ingin tekankan, jangan karena ada masa yang dipimpin (gubernur) yang baru, bapak dan ibu berleha-leha dan kurang setelan gas bekerja,” ucap TGB.

Ia menegaskan, semangat bekerja para ASN hingga akhir masa pemerintahan juga akan menentukan posisi NTB ke depan. Selain itu, masa kepemimpinan NTB yang baru juga akan menentukan seperti apa NTB di masa mendatang. “Tugas moral kita semaksimal mungkin agar pemimpin NTB berhasil, siapapun itu karena NTB ini kan keseluruhan hamba Allah,” ungkap TGB.

Sementara itu, Kepala Bappeda NTB, H.Ridwansyah,  mengatakan dari 31 indikator kinerja RPJMD NTB, dipastikan sebanyak 22 indikator  sudah mencapai target yang telah ditetapkan. Sedangkan, 6 indikator lainnya masih dalam tahapan penyusunan laporan, karena belum ada datanya.

Ridwansyah merincikan, enam indikator yang belum ada datanya. Yakni, pengeluaran perkapita,  rata-rata lama sekolah usia 25 tahun keatas,  buta huruf penduduk usia 15 tahun ke atas, usia harapan hidup,  prevalensi kurang gizi  dan IKLH. “Dari enam yang belum masih juga menyisakan 3 indikator yang perlu mendapat perhatian dan kerja keras, yaitu anga kemisinan, laju investasi dan rata-rata usia perkawinan pertama perempuan,” ujarnya.

TGB lantas menginstruksikan, khusus pada program yang belum tercapai. Selain fokus, ia menekankan kepada OPD teknis agar mulai meningkatkan sinergi, koordinasi dan komunikasi antar sektor.fahrul

Leave A Reply