Berbagi Berita Merangkai Cerita

TGB Kecam Penjajahan Israel ke Palestina

0 14

MATARAM, DS–Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi menegaskan, penjajahan yang dilakukan Israel terhadap bangsa Palestina masuk katagori aib kemanusiaan.

 

Karena itu TGB mengecam aksi kekerasan terhadap penduduk yang sampai saat ini belum dapat terselesaikan.

 

“Setiap waktu kita mendengar berita tentang kematian, bom-bom dijatuhkan di bumi Palestina. Korban berjatuhan sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Penjajahan Israel atas bangsa Palestina ini adalah aib kemanusiaan yang belum sepenuhnya mendapatkan perhatian,” tegas Gubernur saat menyampaikan khutbahnya di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center, NTB pada Jumat (21/7).

 

Menurutnya, isu kemanusiaan Palestina tidak bisa dipandang sebelah mata mengingat isu tersebut harus dilihat secara utuh melalui tiga perspektif diantaranya keagamaan. Sebab, agama islam telah memberi kedudukan yang istimewa kepada bangsa Palestina.

 

“Jadi, kalau kita ingin melihat kedudukan suatu tempat, maka lihatlah bagaimana agama membahasakannya,” ujar Gubernur.

 

Dalam Al-Qur’an maupun hadis, Palestina diposisikan sebagai tanah yang diberkahi, karena keberadaan Masjid Al-Aqsa di dalamnya. Bahkan, Rasulullah memerintahkan ummatnya untuk melakukan perjalanan ke tiga Masjid, yaitu Masjidil Haram, di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah dan Masjid Al-Aqsa di Palestina.

 

“Karena itu, sudah menjadi kewajiban ummat Islam untuk menjaga dan mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam mencapai kemerdekaannya,” tegas Gubernur.

 

Kedua yakni perspektif kebangsaan. Menurut Doktor Tafsir Alquran jebolan Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir itu, sejatinya kemerdekaan Indonesia dapat terwujud dan dipertahankan sampai hari ini, karena andil negara Palestina.

 

“Pada saat kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, maka ketahuilah negara di dunia yang pertama kali mengakui dan meyerukan pengakuan kemerdekaan Indonesia adalah negara Palestina,” jelas TGB.

 

Maka, sebagai sebuah bangsa yang baik, hendaknya segala upaya yang dilakukan oleh bangsa Palestina harus sepenuhnya didukung dengan upaya maksimal, sebagaimana dulu Palestina juga mendukung setiap upaya yang dilakukan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya.

 

Adapun perspektif ketiga adalah perspektif kemanusiaan.

 

Gubernur meminta semua pihak tidak berpangku tangan. Sebab, masalah Palestina tidak hanya menjadi masalah ummat Islam, tetapi juga masalah kemanusiaan secara universal. “Dalam kontitusi negara kita telah tegas dinyatakan bahwa Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikadilan,” jelasnya.

 

Di akhir khutbahnya, TGB menghimbau kepada ribuan jamaah shalat Jumat yang hadir agar mendonasikan sebagian harta yang dimilikinya untuk membantu perjuangan Palestina. “Mari kita juga harus mendoakan, agar masalah yang dihadapi warga Gaza, Palestina saat ini dapat segera mendapatkan jalan keluar yang terbaik,” tandas Zainul Majdi.fahrul

Leave A Reply