Berbagi Berita Merangkai Cerita

TGB Ajak Umat Islam Tingkatkan Ibadah

0 21

MATARAM, DS – Puluhan ribu umat islam memadati Masjid Hubbul Wathan, Kompleks Islamic Center (IC) NTB guna melaksanakan shalat Idul Fitri pada Minggu pagi (25/6). Mereka terlihat khusyuk mengikuti pelaksanaan shalat Idul Fitri yang diimami imam besar dari Yordania Syekh Syekh Ahmad Jalal Abdullah Yahya dan khutbah oleh Gubernur Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi.

Gubernur mengatakan, memaknai hari raya Idul Fitri tidak lain sebagai momentum untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Oleh karenanya, TGB mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan ibadah seusai bulan Ramadan. Mengingat, Ramadhan merupakan bulan terbukanya pintu kebaikan.

“Jadi, bulan Ramadhan itu adalah bulan pembuka pintu kebaikan dan bulan pintunya kejahatan dan maksiat telah ditutup oleh Allah SWT. Tinggal, tugas kita memaksimalkan catatan amal untuk meningkatkan ibadah kita selepas Ramadhan hingga seterusnya,” ungkap Gubernur.

Menurutnya, bulan suci Ramadan merupakan bulan yang paling mulia dibanding bulan-bulan lainnya. Banyak manfaat yang didapat masyarakat selama menjalankan ibadah puasa. “Pelajaran Ramadhan terkandung nilai-nilai disiplin waktu lebih meningkat, ibadahnya lebih giat, meminta ampuanan lebih giat. Mudah-mudahan ini membangun jiwa dan bisa dipertahankan kedekatan dengan Allah di bulan-bulan lainnya,” kata Zainul Majdi.

TGB menegaskan, banyak nilai-nilai positif yang didapat masyarakat selama bulan Ramadan. Terlebih, hal-hal positif tersebut dapat berimbas kepada semangat kerja. “Ini semua menghadirkan jiwa yang bangkit dan produktif. Uniknya semakin produktif rohaninya, jasmani juga semakin produktif yang dapat diaplikasikan sebagai bentuk etos kerja yang produktif untuk kemajuan perekonomian, sosial, dan kesehatan,” ujarnya.

Gubernur mengajak umat islam pasca Ramadhan agar tetap istiqamah dan mampu terbiasa melaksanakan berbagai aktifitas ibadah dan amal shalih di hari-hari berikutnya. Khususnya, amalan wajib maupun sunnat.

Hal itu, kata dia, dikarenakan pada bulan Ramadhan semua umat islam telah dilatih (training) selama sebulan penuh melakukan berbagai aktivitas ibadah dan amal shalih. Tujuannnya, untuk menjadi orang yang bertaqwa.

“Sekali lagi, bila Ramadhan yang telah berlalu ini dapat memberikan bekas dan pengaruh kepada kita dalam kehidupan sehari-hari dengan ditandai semakin baik perilaku, amal shalih dan ibadah kita, maka berarti sukseslah kita dalam training dan ujian untuk memperoleh gelar taqwa. Karena memang Ramadhan disediakan Allah Subhanahu Wata’ala sebagai sarana untuk menjadi insan yang bertakwa. Namun sebaliknya, bila Ramadhan tidak membekas (berpengaruh) dalam kehidupan kita, maka gagallah kita dalam training dan ujian tersebut,” tandas Zainul Majdi.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata NTB H. Lalu Muhammad Faozal Msi, mengatakan shalat Idul Fitri yang baru pertama kali dilaksanakan di Masjid Hubbul Wathan menarik minat warga di Kota Mataram dan juga dari luar Mataram.

Menurutnya, antusiasme warga bahkan pelaksanaan shalat membludak hingga ke parkir kendaraan di Kompleks Islamic Center NTB.
“Catatan kami, ada sekitar 10 ribu jamaah yang shalat di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB tadi,” ujar Faozal dalam pesan singkatnya (SMS).fahrul

Leave A Reply