Berbagi Berita Merangkai Cerita

TGB Ajak Umat Islam Jaga Hubungan Baik

0 9

MATARAM, DS – Gubernur Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi mengajak seluruh umat islam agar terus menjaga dan merawat hubungan baik antar sesamanya. Sebab, dimanapun umat Islam berada, diharapkan agar senantiasa menebar kebaikan serta merawat nilai-nilai yang menyatukan.

“Hal itu untuk menghadirkan kehidupan yang aman, damai serta jauh dari perpecahan,” ungkap Gubernur saat menjadi pembicara tamu dalam kuliah tamu di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang, Sabtu (9/9).

Kepala daerah dua periode itu mengingatkan umat islam memberikan kontribusi positif dalam membangun bangsa, yakni, menjauhi permusuhan dan menjauhi melakukan hal-hal yang sering menimbulkan kemudharatan. Salah satunya membangun ukhuwah islamiah.

Sebab, dengan adanya persaudaraan yang kokoh antar anak bangsa, maka fitnah-fitnah terutama menyangkut berita hoax yang beredar di media sosial saat ini akan bisa mulai dihindarkan. “Mari kita jadikan ukhuwah islamiyah sebagai modal untuk membangun bangsa Indonesia yang aman, damai, tentram dan sejahtera,” kata Gubernur.

Dalam kesempatan itu, TGB menjelaskan, kesadaran sangatlah penting karena kesadaran merupakan pokok dari segala ikhtiar yang dikerjakan. “Waktu Subuh adalah kunci dari kebaikan dunia dan kebaikan di akhirat. Sesungguhnya gemar shalat shubuh bukanlah untuk Allah, tapi manfaatnya akan dirasakan oleh manusia,” ujar TGB.

Kedua ialah memupuk semangat kebersamaan. Menurut TGB, tidaklah mungkin suatu gerakan akan berhasil bila hanya dilaksanakan oleh satu atau dua orang saja, tetapi diperlukan kolektivitas. TGB mengingatkan, perintah Allah kepada manusia untuk mengerjakan kebaikan secara bersama-sama sangatlah jelas dan mutlak.

Ketiga, suatu gerakan akan berhasil, apabila ada kesiapan dari semua pihak untuk berkorban. TGB menilai, pengorbanan yang berat untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah terletak kepada individu-individu untuk ikhlas berjalan ke masjid di pagi buta yang dingin meninggalkan tempat tidurnya yang empuk dan selimut yang hangat. “Jadi, keutamaan dari gerakan shalat subuh berjamaah tidak lain guna memperkuat ukhuwah Islamiah. Maka dari itu, hadirkan setiap berkah dan manfaat dalam setiap subuh berjamaah dalam kehidupan keseharian kita,” tandas Zainul Majdi.fahrul

Leave A Reply