Berbagi Berita Merangkai Cerita

Terkait Pembangunan Tambak Udang di Suryawangi, Perda RTRW Lombok Timur akan Diubah

104

SELONG, DS – Rencana pembangunan tambak udang di Pantai Suryawangi, Labuhan Haji, menuai polemik di masyarakat semenjak mencuatnya isu ini ke permukaan. Pasalnya, Pantai Suryawangi masuk sebagai kawasan wisata sebagaimana telah ditetapkan dalam Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Lombok Timur.

Namun, Kepala Dinas Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Muksin, memastikan bahwa izin operasional PT Sumber Lautan Emas Abadi selaku investor belum keluar.

“Saya pertegas, izin operasional belum terbit. Karena masih banyak non perizinan yang harus diterbitkan. Diantaranya UPL/UKL, Amdal, Rekomendasi Lingkungan, Izin lingkungan, belum semua,” tegas Muksin saat ditemui, Jumat (18/09/2020).

Meskipun Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy telah mengeluarkan rekomendasi nomor 503/100/PM/2020 tertanggal 09 Maret 2020, namun PT Sumber Lautan Emas Abadi belum bisa melakukan aktifitas apapun pada lokasi yang dimaksud. Perusahaan tersebut masih harus melengkapi berbagai persyaratan perizinan sebagai keniscayaan untuk memulai operasional.

Namun demikian, dikatakan oleh Muksin investasi di daerah tidak boleh dipersulit. Terlebih pembangunan tambak udang menjadi program strategis proyek besar nasional.

“Karena ini menjadi program proyek strategis nasional, Gubernur diharapkan untuk mendukung proses perizinan dan proses non perizinannya agar disegerakan,” kata dia.

Terkait keberadaan Pantai Suryawangi yang ditetapkan sebagai kawasan wisata dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), menurut Muksin harus direvisi dan menyesuaikan dengan RTRW Nasional. Ditambah adanya edaran Menteri Dalam Negeri tanggal 10 Agustus 2020 tentang program strategis proyek besar nasional budidaya tambak udang.

“Sudah mulai kita bahas untuk revisi (Perda RTRW,red). Karena undang-undang mengatakan begitu. Kalau ada peraturan yang tidak sesuai dengan peraturan diatasnya harus segera direvisi,” ucapnya.

Lokasi pembangunan tambak udang juga diperbolehkan di seluruh pantai yang ada di Lombok Timur. Namun tentunya dengan melalui pertimbangan pemerintah daerah. “Khusus untuk budidaya tambak udang ini, bisa di semua pantai yang ada di Lombok Timur,” pungkasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.