Berbagi Berita Merangkai Cerita

Terdampak Covid-19, Dinsos NTB Salurkan 241 Paket Sembako ke Tuna Netra

15

Anggota Satgas P3S Dinsos NTB saat menyerahkan bantuan pada warga tuna netra di wilayah Kota Mataram

MATARAM, DS – Pemprov NTB melalui  Dinas Sosial (Dinsos) setempat memberi santunan berupa paket sembako kepada tunanetra di Provinsi NTB. Melalui Program Sambang Tuna Netra (Prasutra) menyasar kelompok difabel, lantaran belum pernah tersentuh bantuan.

“Total paket bantuan sembako yang sudah kita bagikan saat pandemi Covid-19 ini, sejauh ini sudah ada sekitar 241 paket sembako yang kita serahkan langsung ke lokasi warga yang membutuhkan melalui Satgas P3S,” ujar Kepala Dinas Sosial NTB H. Ahsanul Khalik, Selasa (16/6).

Ia mengatakan, bantuan paket sembako sebanyak 241 buah itu, sejauh ini menyasar para kaum tunanetra wilayah Kota Matatam, Lobar, KLU dan Lombok Tengah. Direncanakan, program Prasutra itu akan terus menyasar wilayah lain di NTB.

“Prinsipnya, bantuan ini masih akan terus bertambah, karena kabupaten/kota lainnya juga telah mengirimkan nama-nama para penerima program Prasutra,” kata Ahsanul.

Mantan Kalak BPBD NTB itu, mengungkapkan jika kalangan difabel khususnya tuna netra merupakan kelompok yang terdampak pandemi Covid-19. Meski demikian, pola pembagian paket bantuannya berbeda dengan para penerima lainnya.

Sebab, bantuan paket sembako ini diserahkan langsung dengan mendatangi rumah warga tunanetra. “Setiap relawan yang tergabung dalam Satgas P3S harus mendatangi rumah warga dengan dor to dor. Makanya, koordinasi dengan pemda kabupaten/kota dan pengurus organisasi kaum difabel harus wajib dilakukan, sehingga nama penerimanya harus jelas dengan by data,” jelas Ahsanul.

Ia berharap, peran serta masyarakat lainnya. Diantaranya, kalangan BUMN/BUMD dan swasta ikut berpartisipasi aktif ikut membantu kebersamaan dalam situasi pandemi Covid-19 guna membuat tersenyum para penyandang disabilitas

“Melalui program Prasutra ini kami ingin mengetuk indahnya berbagi meski sekecil apapun pemberian kita namun jika dilakukan dengan ikhlas, maka akan sangat berharga bagi para penerimanya,” tandas Ahsanul Khalik. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.