Terapkan Digitalisasi, UGR akan Perkaya Dosen S3

Universitas Gunung Rinjani

Selong, DS-Universitas Gunung Rinjani (UGR) sudah menerapkan digitalisasi dalam proses perkuliahan. Ke depan UGR akan makin banyak menyekolahkan dosen untuk meraih kualifikasi S3.

Hal itu dikemukakan Rektor UGR, Basri Mulyani, SH, MH, Jumat (5/1). Pengganti Dr. Moch. Ali Bin Dachlan ini mengemukakan perkualiahan di UGR tidak lagi sebatas tatap mata secara langsung melainkan sudah dilakukan pula melalui virtual zoom. Hal itu sudah dilakukan sejak terjadinya wabah Covid 19.

“Mahasiswa pun sudah siap mengikutinya,” ujarnya seraya menambahkan pemanfaatan teknologi digital akan semakin diperkaya

Menurutnya, kebijakan nanti tidak ada lagi sistem penilaian akreditasi dalam berbagai tingkatan seperti A, B dan C, melainkan menggunakan penilaian baru yakni katagori tidak terakreditasi, terakreditasi dan unggul. Untuk meraih katagori unggul tersebut berbagai langkah dipersiapkan.

Sebagai perguruan tinggi yang menempati ranking ke 5 di NTB berdasarkan penilaian UniRank tahun 2023, UGR mencoba mengisi beberapa tantangan yang dihadapi dengan menyusun ulang renstra yang mengedepankan daya saing.

“Seperti menambah jumlah doctor pada tiap program studi kaena tuntutan ke depan satu program studi minimal berisi 5 doktor,” katanya.

Sementara ini keunggulan UGR dalam meraih mahasiswa, salah satunya adalah program studi yang bisa mengisi kekosongan di Lombok Timur yang tidak dimiliki di PTS lain. Ia menyebut Agrobisnis, Akuntansi dan Teknik Sipil. Hal itu turut menarik minat mahasiswa.

“Sisi positif UGR adalah ada program studi yang tidak sama dengan PT lain,” kata Basri.
Selain menambah jumlah dosen S3 yang ditarget dalam empat tahun ke depan, upaya untuk melakukan kerjasama dengan pihak luar akan ditingkatkan seperti menggandeng pihak luar negeri.

“ Hal ini segera dilakukan karena PTS setiap bulan harus melaporkan indikator kinerjanya utama, “ katanya. ian

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.