Berbagi Berita Merangkai Cerita

Tenaga Honorer DLHK Punya Jaminan Kecelakaan Kerja

45

Penyerahan sertfikasi kepesertaan

SELONG, DS – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menjadi OPD pertama yang memberikan jaminan kecelakaan kerja pada pekerjanya. Sebanyak 313 tenaga non PNS pada OPD ini telah didaftarkan sebagai peserta BPJamsostek.

BPJamsostek pun telah menyerahkan sertifikat dan kartu kepesertaan secara simbolis kepada Kepala DLHK, Senin, (25/01).

Kepala DLHK Lombok Timur, Zaidar Rahman mengatakan langkah ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap tenaga non PNS yang memiliki resiko tinggi dalam bekerja.

“Ini kan sebagai bentuk perlindungan pemerintah kepada tenaga non PNS yang pekerjaannya beresiko tinggi,” ujarnya.

Pembayaran iuran kepesertaan BPJamsostek juga telah dianggarkan melalui dipa anggaran OPD masing-masing. Meskipun jika dibayarkan secara mandiri dari gaji juga tidak akan memberatkan. Karena iuran yang dibayarkan hanya Rp. 9.800 perbulan.

“Sudah dianggarkan dari pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJamsostek Lombok Timur, Akbar Ismail mengatakan langkah DLHK ini akan segera diikuti oleh OPD lain. Yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, dan Satpol PP.

Hal ini sebagaimana hajatan Pemkab Lombok Timur untuk memprioritaskan kepesertaan BPJamsostek bagi tenaga honorer dengan resiko pekerjaan tinggi.

“BPBD dan Damkar kita mau serahkan secara simbolis rencananya minggu depan. Pol PP sudah masuk juga datanya,” tutur Akbar.

Selain itu, pihaknya juga akan mengajak OPD lain untuk mendaftarkan tenaga honorenya sebagai peserta BPJamsostek. Mengingat besarnya manfaat yang didapatkan sebagai peserta.

“Kita akan coba dorong juga yang lain. Khususnya yang banyak mempekerjakan orang. Seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan,” pungkasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.