Berbagi Berita Merangkai Cerita

Tekan Pernikahan Dini, Sebanyak 8 Forum Anak Dibentuk di KLU

0 12

KLU, DS-Sebanyak 8 Forum Anak desa terbentuk di KLU masing-masing di Desa Tegalmaja, Jenggala, Pemenang Timur, Pemenang Barat, Sukadana, Senaru, Gondang dan Desa Sambik Bangkol.Pembentukan forum anak yang diinisiasi LPA NTB tersebut diantaranya melibatkan para fasilitator dalam upaya sosialisasi guna menekan tingginya kasus pernikahan diusia anak.

Serangkaian dengan itu, beberapa kali dilakukan pelatihan bagi fasilitator anak yang akan terjun melakukan sosialisasi di masing-masing desa. Sementara jumlah fasilitator forum anak mencapai 20 orang (10 laki-laki dan 10 orang perempuan).

Sekretaris LPA NTB, Sukran Hasan, Selasa (1/4), mengemukakan jumlah anak yang terlibat dalam Forum Anak mencapai 224 orang yang terdiri dari laki-laki 85 orang dan perempuan 139 orang. Diantaranya terdapat 6 orang anak rentan (1 orang laki-laki dan 5 orang perempuan).

Di Desa Sukadana misalnya, forum mengakomodasi anak dalam katagori disabilitas 1 orang (perempuan), anak buruh migran 1 orang (perempuan), anak putus sekolah SD 1 orang (perempuan). Di Desa Gumantar terdapat 1 orang anak putus sekolah SMP (permpuan). Di Desa Senaru terdapat 1 orang anak buruh migran (perempuan), dan Desa Jenggala 1 orang anak putus sekolah SMP (laki-laki).

Masing-masing desa sasaran, kata Sukran, sudah membentuk kelompok anak. Data potensi kelompok anak di desa seperti Taman Baca “Lentera Aksara” di Desa Jenggala, Kelompok Yasinan Anak di Dusun Mageling Desa Senaru, Kelompok kesenian Tari Tradisional di Dusun Tumpangsari Desa Senaru, Kelompok Baca Anak dan Dewasa di Dusun Sambel Desa Senaru, kelompok kesenian tradisional Gamelan Anak di Desa Gumantar, dan Sanggar Anak Nusantara di Dusun Luk Timur Desa Sambik Bangkol. ian

Leave A Reply