Berbagi Berita Merangkai Cerita

Target Masuk 3 Besar, NTB Pilih Realistis di Popwil IV 2018

0 11

MATARAM, DS – Sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) IV tahun 2018, Provinsi NTB memilih realistis,  menargetkan menembus tiga besar. Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Dr. H. Rosiady Sayuthi mengatakan, enam dari tujuh provinsi yang mengikuti ajang Popwil kali ini masing-masing Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Barat (Sulbar), Kalimantan Timur (Kaltim), Jawa Timur (Jatim), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dirasa telah mempersiapkan atlet mereka dengan sangat baik.

“Jadi, ya kita berharap bisa tembus tiga besar. Syukur-syukur kita bisa meraih juara satu dalam Popwil ini. Kalau saya lihat tadi, maka saingan NTB yang berat adalah kontingen Jawa Timur,” ujar Rosiady menjawab wartawan usai membuka Popwil IV di Gor 17 Desember Turide, Kota Mataram, Selasa (23/10).

Menurut Sekda, Popwil yang mempertandingkan delapan cabang olahraga yakni bola voli, pencak silat, basket, sepak takraw, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan,  dan sepakbola, sejatinya bukan merupakan cabor unggulan NTB.

Sebab, kata dia, cabor unggulan NTB selama ini, yakni atletik justru tidak dipertandingkan dalam Popwil. Meski demikian, dari delapan cabor yang dipertandingkan itu, pihaknya berharap kontingen NTB bisa menggondol prestasi pada tiga cabor andalan. Yakni, sepak takraw, bola voli dan pencak silat.

“Yang pasti, Popwil ini adalah ajang pembinaan untuk mencari calon-calon atlet pengganti atlet senior. Jadi, memang harus diseriusi dan dilaksanakan secara reguler. Harapannya, pembinaan atlet kita di daerah tidak terputus kedepannya,” jelas Rosiady.

Sementara itu, Deputi Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora, Drs.Washinton mengatakan, penunjukan NTB selaku tuan rumah Popwil IV tahun 2018, lantaran tuan rumah sebelumnya, provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tidak bersedia menghelat kegiatan tersebut.

Menurut dia, kendati penunjukan NTB dirasa singkat. Namun pihaknya merasa bersyukur dan bangga atas animo masyarakat dalam kegiatan pembukaan kali ini. “Kita berrharap, misi kita untuk melakukan penjenjangan atlet menuju atlet nasional pada usia transisi, yakni usia 17 tahun dapat berjalan dengan baik melalui Popwil ini,” ungkapnya.

Ia mengaku, pada hari ini serentak di lima lokasi penyelenggaraan Popwil di Indonesia dilakukan pembukaannya. Popwil sejatinya merupakan ajang seleksi menuju perhelatan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas)  Popnas XV Tahun 2019 di Papua.

“Kami ucapkan selamat bertanding dan selamat berprestasi. Mari gelorakan terus semangat sportifitas dalam pelaksanaan Popwil 2018 di NTB ini,” ucap Washinton.

Terpisah, Ketua Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) NTB Anang Iskandar menambahkan, jika peserta dalam ajang Popwil IV tahun 2018 di NTB mencapai 860 peserta. “Peserta yang berasal dari tujuh provinsi itu akan mengikuti delapan cabor yang dipertandingkan mulai tanggal 23-28 Oktober ini,” tandasnya. RUL.

Leave A Reply