Berbagi Berita Merangkai Cerita

TANCABGAS TEBAR BIBIT CABAI GRATIS

0 5

MATARAM,DS-Program Tanam Cabai Terintegrasi Unggas (Tancabgas) merupakan tindak lanjut dari pencanangan gerakan nasional penanaman 50 juta cabai di pekarang oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Andi Arman Sulaiman, MP, 22 Nopember tahun 2016 lalu. Program ini salah satunya menebar bibit cabai gratis kepada masyarakat.

Pemerintah Provinsi NTB melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian melakukan pencanangan Gerakan Tancabgas di lahan Pekarangan bertempat di BPTP Provinsi NTB Narmada Lombok Barat, Selasa (14/17/2016).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiadi Sayuti, M,Si., P.hd, Wakil Ketua Satu TP PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah Amin, DPD RI yang sekaligus sebagai Ketua IWAPI Hj Diah Ratu Ganepi dan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB.
Dalam sambutannya Sekda menilai Tancabgas sebagai terobosan strategis mengantisipasi terjadinya inflasi yang disebabkan kenaikan harga komoditas pokok seperti kenaikan harga cabai dan unggas di pasaran. Oleh karena itu, Kepala BPTP Prov. NTB sebagai leading sektor pelaksanaan program harus dapat memastikan program ini berjalan dengan sukses.

BPTP harus menyiapkan bibit cabai bukan hanya untuk organisasi-organisasi yang dijadikan partner dalam menyukseskan program tersebut, tetapi juga kepada masyarakat sekitar bisa memperoleh bibit cabai dengan gratis.

“BPTP harus memastikan ketersediaan bibit cabai, bukan hanya kepada organisasi wanita, tetapi juga masyarakat sekitar agar dapat memperoleh bibit cabai dengan gratis, dengan begitu manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Rosiady juga berharap dalam menyukseskan pencanangan program Tancapgas, BPTP harus menggandeng pihak-pihak lain seperti perguruan tinggi dengan melibatkan mahasiswanya. BPTP juga dapat menyediakan lahan bisnis untuk masyarakat sekitar, para pemuda yang memiliki bakat bisnis sehingga program yang telah dicanangkan ini bukan hanya untuk konsumsi skala rumah tangga saja, tapi dapat memiliki nilai tambah ekonomi dan dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Manfaat dari kita menanam di pekarangan juga dapat dijadikan sebagai arena refresing dengan keluarga.

Untuk menyukseskan program tersebut, BPTP menyediakan 500 ribu bibit cabai gratis menggandeng tiga organisasi wanita di NTB dengan melakukan penandatanganan MoU, antara lain, BKOW Provinsi NTB, IWAPI dan KPPI. Ketiga organisasi wanita tersebut akan terlibat langsung di lapangan dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat dalam pelaksanaan program Tancabgas.

Ketua I TP PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah Amin, dalam sambutannya berharap pihak BPTP dapat memberikan pendampingan kepada organisasi wanita yang akan melakukan supervise tentang bagaimana cara menanam cabai agar bisa untuk waktu yang lama serta menghasilkan buah yang banyak.

Hj. Syamsiah juga berharap BPTP Provinsi NTB menambah lagi jumlah bibit cabai yang akan disediakan gratis. Bila perlu tidak hanya cabai saja tetapi juga unggas.humas/editor r.rabbah

Leave A Reply