Berbagi Berita Merangkai Cerita

Tanam Pohon di Pura Dalam Karang Jangkong, PDIP NTB Sambut HUT Partai dan Ketum Megawati

0 12

MATARAM, DS – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP NTB bersama pengurus DPC PDIP Kota Mataram melakukan penanaman pohon di Pura Dalam Karang Jangkong, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Minggu (2/2).

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wita itu dilakukan dalam rangkaian HUT partai ke-47, serta hari ulang tahun Ketua Umum PDIP Hj. Megawati Soekarno Putri yang ke-73. Dimana, semua kader partai di semua wilayah Indonesia melakukan penanaman pohon serentak di wilayahnya masing-masing.

“Pada hari ini, semua kader partai di seluruh Indonesia melakukan aksi penanaman pohon itu. Khusus di NTB, semua pengurus DPC dan kader di 10 kabupaten/kota melakukan penanaman pohon di wilayah mereka masing-masing. Sementara, di Kota Mataram pengurus DPC dan DPD melakukannya di pusat ibukota provinsi, yakni di dalam areal Pura Dalam Karang Jangkong,” ujar Ketua DPD PDIP NTB H. Rachmat Hidayat menjawab wartawan usai menyerahkan secara simbolis bibit pohon Mahoni pada pengurus Pura Dalem, I Gusti Lanang Patra.

Menurut Rachmat, sebelum melakukan penamanam pohon para kader di wilayahnya di wajibkan melakukan aksi gotong royong membersihkan lingkungan setempat. Hal ini merupakan bagian dari ‘Gerakan Mencintai Bumi’. Yakni, dengan mendorong gerakan hidup bersih, merawat lingkungan agar asri, gerakan menanam pohon secara serentak, gerakan membersihkan sungai dari sampah, dan gerakan memisahkan sampah dari rumah tangga.

Anggota DPR RI dapil NTB-2 (Pulau Lombok) itu menegaskan, pohon merupakan sumber kehidupan. Mengingat, keberadaan pohon akan mampu menyediakan air bersih, membersihkan udara dari pencemaran, serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Meski demikian, kini manusia sudah mulai melupakan fungsi pohon sebagai pondasi kehidupan di bumi selama ini.

Akibatnya, bencana alam terus terjadi di berbagai belahan Indonesia, termasuk di NTB. “Maka dari itu, ‘Gerakan Mencintai Bumi’ itu adalah upaya PDIP dalam mempelopori dan selalu mencintai bumi persada guna bagaimana masyarakat disadarkan untuk kembali menanam pohon minimal di rumahnya masing-masing, sehingga keseimbangan lingkungan dapat tercipta kedepannya,” tegas Rachmat.

“Kalau saya sudah memulai di kantor PDIP NTB itu semuanya banyak ditanam pohon, sehingga rindang. Termasuk di rumah saya juga. Jadi, saya imbau di kantor pemerintahan di lingkup pemprov NTB pun wajib untuk dirindangkan mulai saat ini hingga seterusnya,” sambung dia.

Terpisah, Ketua Pura Dalam Karang Jangkong, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram I Gusti Lanang Patra menyambut baik langkah jajaran PDIP NTB untuk menghijauakan kawasan pura Dalam yang lokasinya berada di pusat jantung ibukota provinsi NTB tersebut.

“Sebagai umat Hindu kami merasa terbantu atas gerakan PDIP NTB ini. Karena lingkungan Pura yang banyak ditanami tanaman liar kini mulai bersih. Bahkan, Pak Rachmat juga memberikan kami bibit pohon Mahoni dan Kemiri. Semoga bantuan pohon-pohon yang diberikan ini membuat lingkungan sekitar menjadi kian rindang kedepannya,” tandas Lanang Patra. RUL.

Leave A Reply