Menu

Mode Gelap

Hukum · 30 Mei 2020 10:18 WITA ·

Tak Puas Penyaluran Bansos, Masyarakat Geruduk Kantor Desa Gelora


					Suasana ketika masyarakat gerudug Kantor Desa Gelora Perbesar

Suasana ketika masyarakat gerudug Kantor Desa Gelora

SELONG, DS – Jum’at (29/05/2020), sekira pukul 09.20 Wita, ratusan masa dari Aliansi Masyarakat Gelora Menggungat (AMGM), menggeruduk Kantor Desa Gelora, Kecamatan Sikur. Kedatangan AMGM ini untuk mempertanyakan ketidak transparansian Pemerintah desa (Pemdes), dalam pengalokasian Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), untuk penanganan dampak Covid-19. Serta, penggunaannya dalam pembangunan Desa Gelora.

Korlap aksi, Hadi Conan, dalam orasinya meminta Pemdes Gelora untuk transfaran dalam pengelolaan anggaran desa. Bahkan, ia meminta agar Kepala desa melepaskan jabatannya. Serta meminta agar Kepala Desa membekukan BPD.

“Sudah 8 tahun kita tabayyun kepada Kepala Desa. Selama 8 tahun ini, di Desa Gelora tidak pernah dipasang papan informasi pembangunan,” teriak Hadi.

Selain itu, massa aksi juga menyebut adanya dugaan penerima bantuan Covid-19 ganda. Dimana, ada penerima bantuan PKH/BPNT yang juga mendapat bantuan lain dari dana Covid-19. Bahkan, ada warga yang sudah meninggal, dicantumkan sebagai penerima bantuan sosial.

“Kami minta semua data penerima bantuan di Desa Gelora. Kalau sampai Rabu minggu depan tidak dipenuhi, maka kami akan melakukan aksi kembali, dengan massa yang jauh lebih besar,” tandasnya.

Setelah berorasi sekitar 30 menit, masa aksi ditemui langsung oleh Camat Sikur, Lalu Putra, dan Kades Gelora.

Lalu Putra mengapresiasi unjuk rasa yang dilakukan AMGM sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam pengawasan pemerintahan.

Sementara itu, Kades Gelora, Nurasmat Memaparkan jumlah anggaran desa Gelora yang mencapai Rp. 1,3 M, serta peruntukannya.

“Kita pemerintah Desa Gelora mempunyai dana Rp. 1,3 M, dan kita mendapat 5 jenis bantuan sosial Covid-19,” ucapnya dihadapan masa aksi.

Aksi unjuk rasa ini berjalan dengan aman dibawah pengawalan ketat aparat Kepolisian dari Polres Lombok Timur. Dan berakhir sekitar pukul 10.30 Wita. Dd

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

DPD IMM NTB Kecam Tindakan Represif terhadap Kader IMM NTB

9 September 2022 - 15:52 WITA

Sebanyak 41 Tersangka Kasus Perjudian Diamankan Polda NTB

26 Agustus 2022 - 10:18 WITA

Polisi Tembak Polisi, OKP Cipayung Plus NTB Desak Presiden Copot Kapolri

20 Agustus 2022 - 15:12 WITA

Bongkar Sindikat Narkoba, 13 Tersangka Diamankan Bersama Kiloan Sabu dan Ganja

20 Agustus 2022 - 07:20 WITA

Satu dari Empat Terduga Pelaku Pencurian di Pagesangan Tertangkap Tim Opsnal Polsek Pagutan

18 Juli 2022 - 16:31 WITA

Razia di Ruang Tahanan, Benda Ini yang Ditemukan Polisi

17 Juli 2022 - 19:06 WITA

Trending di Hukum