BSK Samawa

Tak Mampu Perbaiki Carut Marut BPNT Sampai 15 Maret, BRI Terancam Dicoret

Pertemuan bersama agen e-warong se-Lotim

SELONG, DS – Pemkab Lombok Timur memberikan ultimatum keras kepada BRI selaku bank penyalur pada program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Jika tak mampu menyelesaikan carut marut BPNT hingga 15 Maret 2021 maka Pemkab Lombok Timur akan mencari alternatif bank lain sebagai penyalur BPNT.

“Kalau BRI melalui e-warong-nya tidak bisa memenuhi harapan sesuai evaluasi Ombudsman. Maka, dengan berat hari pak Bupati akan mencari alternatif dengan pindah ke Bank lain,” tegas M. Juaini Taofik, Sekda Lotim, usai evaluasi dan sosialisasi penyaluran program sembako bersama seluruh agen BRI-Link, Rabu (24/02).

Ancaman keras Bupati lantaran adanya temuan Ombudsman tentang penyaluran BPNT yang masih semerawut di Lombok Timur.

Permasalahan yang ditemukan diantaranya adanya pemaketan jenis komoditi yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM), penggiringan KPM untuk membeli komoditi tertentu. Serta tidak tepatnya waktu penyaluran BPNT kepada KPM.

“Intinya harus dirubah. Laksanakan pedum dan KPM jangan disengsarakan. jadikan KPM sebagai raja yang kita layani dalam program ini,” pinta Taofik.

Pilihan bank lain yang dilibatkan sebagai penyalur BPNT bisa saja melalui Himpunan Bank Negara (Himbara). Ataupun dengan menambahkan bank lain sebagai penyalur BPNT.

Selain evaluasi terhadap BRI dan e-warongnya, Pemkab juga akan mengevaluasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Karena adanya TKSK yang menggiring e-warong untuk membuat Perjanjian Kerjasama (PKs) dengan suplier tertentu.

“Hari jumat akan kami tindak lanjuti dengan mengundang TKSK ini,” ucapnya.

Jika TKSK juga tidak berbenah, maka akan diusulkan untuk penggantian. Menurutnya masih banyak masyarakat Lombok Timur yang berkompetens sebagai TKSK. Hanya perlu diberikan kesempatan untuk menunjukkan kualitas kinerjanya.

“Selama yang sekarang bisa memperbaiki diri, kira berikan kesempatan. Dan batas kesempatan itu sampai 15 Maret,” pungkasnya. Dd

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.