Berbagi Berita Merangkai Cerita

Tak Gubris Sengketa MK dan Bawaslu, Tim Paslon Nur-Salam Ucapkan Selamat ke Mo-Novi

260

FOTO.Wakil Ketua Pemenangan paslon nomor urut 2, Nur-Salam, Rusli Manawari (kiri) menyalami Ketua Tim Mo-Novi atas kemenangan di Pilkada Sumbawa. (FOTO. RUL/DS).

MATARAM, DS – Kendati pasangan calon (Paslon) nomor urut 5, H Syarafuddin Jarot-H Mokhlis (Jarot-Mokhlis) melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan Bawaslu NTB terkait kemenangan Paslon nomor urut 4, H Mahmud Abdullah-Dewi Noviany (Mo-Novi) di Pilkada Sumbawa 9 Desember lalu, hal itu tak menyurutkan pendukung paslon lain yang ikut berkompetisi di Pilkada Sumbawa memberi ucapan selamat kepadanya.

Hal ini ditunjukkan oleh Wakil Ketua Pemenangan paslon nomor urut 2, Nur-Salam, Rusli Manawari yang telah mengucapkan selamat atas kemenangan Mo-Novi di Pilkada Sumbawa. 

“Meski unggul tipis, saya atas nama Ketua DPC PPP Sumbawa sekaligus tim pemenangan Nur-Salam mengucapkan selamat pada paslon Mo-Novi selaku pemenang Piilkada Sumbawa,” ujar Rusli Manawari pada wartawan usai bertemu dengan Tim Pemenangan Mo-Novi di Kantor DPRD NTB, Rabu (23/12).

Dalam rekapitulasi KPU Sumbawa, paslon nomor urut 4, H Mahmud Abdullah dan Dewi Noviani (Mo-Novi) ditetapkam sebagai peraih suara tertinggi dalam Pilkada Sumbawa. 

Penetapan ini setelah dilakukannya rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten di Hotel Sernu pada Rabu (16/12) hingga Kamis (17/12) lalu. Perolehan suara Mo-Novi selisih tipis dengan paslon Jarot-Mokhlis.

Berdasarkan Surat Keputusan KPU Sumbawa nomor 716/HK.03.1-Kpt/5204/02/KPU-Kab/XII/2020, Mo-Novi meraih 69.683 suara. Disusul Paslon nomor urut 5 H Syarafuddin Jarot-H Mokhlis (Jarot-Mokhlis) dengan 68.801 suara. Dari perolehan suara ini, Mo-Novi unggul 882 suara dari Jarot-Mokhlis.

Kemudian posisi ketiga diraih paslon nomor urut 3, Talifuddin-Sudirman (Talif-Sudir) dengan dengan perolehan 51.169 suara. Posisi keempat paslon nomor urut 1, HM Husni Djibril-H Muhammad Ikhsan (Husni-Ikhsan) dengan perolehan 43.938 suara. Terakhir paslon nomor urut 2, Nurdin  Ranggabarani-H Burhanuddin Jafar Salam (Nur-Salam) dengan perolehan 41.275 suara.

Rusli menyatakan, semua proses dan tahapan Pilkada Sumbawa berjalan sukses sesuai yang diharapkan bersama. Oleh karena itu, Ketua DPC PPP Sumbawa itu, memberikan apresiasi kepada semua pihak. Baik itu pihak penyelenggara, para kandidat, umumnya masyarakat Sumbawa. 

“Proses Pilkada Sumbawa semua berjalan aman, baik dari tingkat TPS hingga hari akhir. Jadi setelah dihitung di KPU itu, ya Mo-Novi lah yang menang dengan selisih angka 882 suara,” ungkapnya pada wartawan.

Terkait adanya sengketa yang dilayangkan paslon Jarot-Mokhlis. Menurut Rusli, hal itu sah-sah saja dilakukan.

Hanya saja, ia mengingatkan, bahwa proses rekapitulasi berjenjang dari TPS hingga PPK, justru tidak ada protes apapun yang dilayangkan para saksi.

“Saya sendiri berada di paket Nur-Salam, jadi kalau ada protes tentu kita tahu. Tapi kenyataannya kan tidak ada,” tegas Rusli.

Anggota DPRD NTB asal Dapil V Sumbawa-KSB mengatakan, jika perhekatan Pilkada adalah sebuah kontestasi. Sehingga, jika ada yang menang dan kalah itu adalah sebuah hal yang biasa. 

“Kalaupun ada riak-riak dari pihak yang kalah, adalah kewajaran dan hal biasa pula. Sehingga, jika ada gugatan atau apa dari yang kalah seperti yang dilakukan saat ini. Hal itu, ya wajar-wajar sajalah. Namanya orang kalah, kan begitu,” jelas Rusli berseloroh.

Sementara itu, Ketua Umum Tim Pemenangan Paslon Mo-Novi, Sambirang Ahmadi mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan ucapan selamat kepada paslon nomor 4.

Menurut politisi PKS ini, ucapan selamat yang tiada habis berdatangan hingga kini kepada Mo-Novi adalah hal yang wajar. Dimana ia menilai, semua pihak lebih mengetahui seperti apa dan bagaimana semua proses Pilkada di Sumbawa berjalan sukses.

“Tentu kami dari pihak Mo-Novi berterimakasih atas semua ucapan dari berbagai pihak, termasuk dari Ketua DPC PPP Sumbawa, yakni Pak Rusli Manawari,”  tutur Sambirang.

Terakhir, dia juga mengimbau kepada seluruh tim pemenangan, relawan dan simpatisan Mo-Novi agar tidak merayakan kemenangan secara berlebihan. Terlebih daerah masih dimasa pandemi Covid-19. RUL.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.