Tahun 2023, Realisasi Pajak Kendaraan Bermotor Capai 88, 4 Miliar

Abdul Aziz

Selong, DS – Sepanjang tahun 2023, realisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kabupaten Lombok Timur mencapi Rp88,4 miliar. Realisasi itu melampaui target tahunan.

“Ada surplus Rp1,5 miliar dari target yang ditentukan,” kata Kepala Samsat Lombok Timur, H Abdul Aziz, di kantornya, Rabu (03/01/2024)

Dia mengungkapkan, Lombok Timur menjadi daerah dengan jumlah kendaraan bermotor terbanyak di Provinsi NTB. Namun, realisasi PKB-nya bukan yang tertinggi.

“Di 2023 itu, paling tinggi Mataram, kita (Lombok Timur) kedua, kemudian Lombok Tengah,” ungkapnya.

Abdul Aziz menjelaskan, kalahnya realisasi PKB Lombok Timur karena serapan PKB Kota Mataram yang banyak berasal dari kendaraan roda empat, dimana pajaknya lebih tinggi.

“Karena di sana roda empatnya banyak, kita di sini roda dua. Pajak satu kendaraan roda empat bisa sampai puluhan roda dua,”terangnya.

Selain itu, lanjutnya, kesadaran pajak pada masyarakat juga masih menjadi PR penting Pemerintah Lombok Timur.

Meski begitu, pihaknya optimis dapat kembali mencapai realisasi target PKB tahun 2024 yang dinaikkan menjadi Rp9,6 miliar. Yaitu dengan menggencarkan berbagai strategi penyerapan. Seperti layanan pembayaran keliling hingga razia kendaraan wajib pajak.

“Kita akan jemput bola, kita kan punya layanan, tinggal masyarakat menelepon, kita datangi di mana maunya menyambung surat,”imbuhnya.LI

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.