Berbagi Berita Merangkai Cerita

Syarifudin: OPD Harus Cerdas Menangkap Peluang Kerjasama Malaysia

0 11

KLU, DS-Kunjungan Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) ke Malaysia beserta jajaran pejabat tinggi harus menjadi menjadi referensi bagi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lombok Utara. Demikian diungkapkan wakil bupati Syarifudin SH, kemarin.

“OPD harus bisa menangkap peluang bentuk kerjasama apa saja yang bisa dilakukan dengan negara Malaysia. Karena kerjasama sudah terjalin maka bentuk-bentuk kerjasama yang sudah di sepakati bersama itu harus bisa di terjemahkan OPD,” jelasnya.

Dikatakannya, berbagai kerjasama yang dilakukan itu ikhtiar mendorong percepatan mengejar ketertinggalan KLU dengan daerah-daerah lain di NTB maupun di Indonesia. “Apa hasil dari kunjungan itu harus segera diimplementasikan,”cetus Syarif.

Menurutnya, implementasi OPD harus bisa ditunjukkan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa menilai hasil kerja serta kunjungannya saja.

“Sekarang yang perlu disiapkan oleh SKPD segala sesuatu berkaitan dengan infrastruktur, data potensi, dan percepat realisasi kerja sama itu. Sudah banyak kunjungan luar negeri dilakukan dalam rangka kerjaama, namun selalu terkendala di teknis,” ujarnya.

Ia menilai banyak wacana-wacana yang dibuat namun tidak bisa direalisasikan. Hal itu menjadi pembelajaran. “Bukan berarti kita gagal, saya kira teman-teman teknis ini yang menjadikan langkah nyata. Tinggal sekarang bagaimana implementasinya di leading sektor,”sambungnya.

Terkait hasil kunjungan ke beberapa negara tahun 2018 seperti Korea, Jepang, New Zaeland, dan Malaysia, ia mempersilahkan warga menilai apakah itu berhasil atau tidak, karena apa yang menjadi penilaian masyarakat sah-sah saja.(man)

Leave A Reply