Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sukseskan lomba Kampung Sehat jilid 2, Ketua DPRD Ajak Warga NTB Tak Lupakan 5 M

24

MATARAM, DS – Ketua DPRD NTB Hj. Baiq Isvie Rupaedah menegaskan, komitnya bersama Forkopimda di wilayah setempat dalam mendukung pelaksanaan lomba Kampung Sehat jilid 2 yang di inisiasi oleh Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal.

Menurut Isvie, upaya untuk menekan laju virus corona yang kini digalakkan seluruh elemen, mulai, aparat TNI-Polri serta pemerintah di tingkat desa sampai provinsi harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Tanpa kemauan dan kesadaran masyarakat dengan menerapkan 5 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan pada setiap aktifitas, mustahil upaya memutus mata rantai yang kini digalakkan akan bisa berjalan,” ujar Isvie pada wartawan, Sabtu (20/3).

Ia mengajak upaya nyata dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui gelaran Kampung Sehat NTB Jilid II itu harus disukseskan oleh seluruh lapisan masyarakat NTB. Mengingat, angka kasus warga yang terpapar Corona terus meningkat dan kian mengkhawatirkan.

“Kalau tidak kita, siapa lagi yang akan menyukseskan program kampung Kampung Sehat jilid 2. Jadi, menyukseskan itu bagian dari kita bersama-sama terlibat aktif guna menyelamatkan nyawa keluarga kita masing-masing,” tegas Isvie Rupaedah.

Sebelumnya, Kapolda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, kata “sehat” merupakan singkatan dari steril, ekonomi produktif, harmonis, asri, dan tangguh.

Kegiatan dikemas dalam bentuk lomba agar membangkitkan jiwa kempetitif di tengah masyarakat. ”Masyarakat berlomba-lomba memutus mata rantai penularan virus,” katanya.

Pada akhirnya, warga berlomba-lomba menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan. ”Berlomba menata desa dan lingkungannya dengan berbagai kriteria dalam lomba,” ungkap Iqbal.

Iqbal menuturkan lomba Kampung Sehat NTB jilid 2 akan berlangsung selama 3 bulan, mulai tanggal 10 Februari sampai 20 Mei 2021. Ia menyampaikan konsep lomba Kampung Sehat NTB jilid 2 dengan yang pertama hampir sama, di mana pesertanya terdiri dari tiap-tiap desa dan indikator kemenangan dilihat dari kemampuan warga dalam ketahanan pangan, ketahanan ekonomi, ketahanan kesehatan.

“Beberapa bidang yang menjadi indikator pelaksanaan kampung sehat kali ini adalah bidang kesehatan, bidang keamanan dan bidang ekonomi kreatif dengan mengedepankan motivator, fasilitator dan dinamisator dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid- 19 di NTB,” ujar eks Kadiv Humas Polri ini.

Dalam hal ini, Polda NTB sendiri akan menyiapkan Batalyon Vaksinator untuk membantu pemerintah dan siap membantu pemerintah daerah untuk melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat. Konsep lomba Kampung Sehat jilid 2 ini juga perwujudan tindak lanjut program PPKM skala mikro pemerintah pusat.

“Lomba Kampung Sehat jilid 2 ini mengambil semangat bahwa kita hadir kembali untuk masyarakat dan masyarakat kembali melombakan kampungnya. Di samping itu, Kampung Sehat jilid 2 ini guna mengedepankan upaya pemerintah pusat dengan mengadopsi semangat PPKM berskala mikro dengan berbasis Kampung Sehat ini, dan TNI-Polri harus bisa mengajak pemerintah daerah untuk mendedikasikan usahanya dalam mendukung suksesnya program ini,” papar Iqbal. RUL..

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.