Berbagi Berita Merangkai Cerita

Sukses, Workshop Fotografi Jurnalistik Pariwisata SMA

30

Workshop Fotografi Jurnalistik Tingkat SMA di Selong

SELONG, DS – Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) Berkerjasama dengan Sekolah Tinggi Parawisata (STP) Mataram dan Komunitas Fotografi Indonesia (KFI) Lombok Timur, menggelar Workshop Fotografi Jurnalistik tingkat SMA/SMK MA sederajat se-Lombok Timur, Sabtu (13/3/2021).

Workshop perdana ini menjadi penanda mulainya Festival Jurnalistik Pariwisata(FJP), yang puncaknya akan dilaksanakan bulan Juli mendatang. Adapun workshop selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 20 dan 27 Maret 2021.

Ketua panitia FJP 2021, Fatih Qudus Jaelani dalam sambutannya menyampaikan festival tersebut sebagai wadah siswa menyalurkan bakat jurnalistik, baik dalam penulisan berita maupun fotografi jurnalistik.

“Karya siswa ini akan kita lombakan dan kita jadikan ensiklopedia pariwisata. Dengan adanya buku tersebut nantinya untuk promosi pariwisata Lotim,” ucapnya.

Sedangkan Ketua STP Mataram, Dr. Halus Mandala mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh FJLT tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik menjadi bahan promosi pariwisata Lombok Timur bahkan NTB.

“Ini sangat baik sekali, semoga acara seperti ini tidak hanya di Lotim saja. Akan tetapi juga bisa dilaksanakan ditingkat provinsi,” harapnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Mashun, yang berkesempatan hadir pada acara itu mengatakan agar para siswa serius mengikuti setiap materi yang diberikan oleh narasumber. Karena perlu disadari peran siswa dapat mendorong pengembangan pariwisata melalui tulisan ataupun karya foto yang dipublikasikan di media sosial.

“Pariwisata itu perlu publikasi. Kita tidak akan dikenal apabila tidak disampaikan ke luar,” ujarnya.

Workshop Jurnalistik yang dilaksanakan oleh FJLT ini dikatakannya sejalan dengan tujuan kor pariwisata di sekolah. Agar para siswa memiliki keahlian setelah menamatkan pendidikannya.

Sehingga ilmu yang dimiliki dapat diaplikasikan dalam dunia kerja maupun dalam keseharian di masyarakat.

“Begitu disamapaikan, langsung saya dukung. Saya bantu sosialisasikan dengan administrasinya,” tandasnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.