Menu

Mode Gelap

Lombok Timur · 8 Jun 2022 18:19 WITA ·

Suela Siap jadi Penyangga Sembalun


					UPT KEBUN RAYA LEMOR/LOMBOK DESA SUELA Perbesar

UPT KEBUN RAYA LEMOR/LOMBOK DESA SUELA

SELONG, DS – Desa Suela, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dikenal memiliki banyak potensi sumber daya alam. Dari lima Dusun (Sanggar Mulia, Suela Daya, Suela Lauk, Cempaka Timur) yang ada semuanya memiliki potensi yang dapat diandalkan untuk dijadikan destinasi wisata sebagai sumber PADes.

Kades Suela, Rosyidi, Senin (6/6/2022), menyampaikan beberapa kegiatan berupa pembangunan infrastruktur di seputaran potensi destinasi wisata tersebut diantaranya Embung Kembar.

“Untuk Embung Kembar kita sudah oke dari BWS NTB. Kita dipersilahkan untuk mengembangkannya. Dan saat ini sedang dikerjakan pengerukan untuk menata Embung Kembar,” kata Rosyidi, didampingi Hirsan, S.Pd., Sekdes Suela.

Menurut Rosyidi, semua potensi alam di wilayah Desa Suela dikelola untuk menopang dan sebagai sumber PADes untuk kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan masyarakat.

“Kedepan semua potensi Sumber Daya Alam (SDA)untuk pengembangan destinasi wisata. Kami siap sebagai penyangga Destinasi Wisata Sembalun sebagai mercusuar andalan wisata Lotim di bagian utara. Selanjutnya impact dari semua itu, selain sebagai andalan dan peningkatan PADes, juga untuk penyerapan tenaga kerja para generasi muda dan peningkatan kesejahteraan masyarskat,” terang Rosyidi, sembari menunjukkan bshwa di dekat/ di samping Kantor Desa ada rest area.

“Rest Area ini sebagai tempat singgah dilengkapi penginapan untuk para Wisatawan. Nabtinya Rase Area ini kami tempatkan beberapa lapak untuk menyiapkan produk lokal khas untuk kebutuhan para wisatawan,” imbuhnya.

Sementara itu, Hirsan, S.Pd., menguraikan terkait dengan rencana pengembangan Destinasi Wisata Desa Suela sebagai Penyangga Destinasi Wisata Sembalun di wilayah Lotim Bagian Utara. Kata dia, pihaknya sudah menyusun proposal untuk itu.

“Kita sudah menyusun proposal pengembabgan Destinasi Wisata Desa Suela yang contentnya antara lain : Terasering Punik Baru, Jalan Tani Punik Baru, Atraksi Budaya di lingkungan Mata Air Lemor, Atraksi Wisata Alam dan Air, Atraksi Camping Ground dan Tari Kebun Raya Lombok (KRL) Desa Suela, Atraksi Tenun Tradisional dan Biogas di Desa Suela, Informasi Tebtang Kebun Raya Lombok di Desa Suela, Wisata Pemandian Air Dingin Lemor di Desa Suela,” papar Hirsan kepada awak Duta Selaparang (Kusmiardi).

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 92 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Hadiri Musda PPNI, Bupati Tekankan Kematian Ibu dan Anak

13 Agustus 2022 - 18:30 WITA

Pencemaran Lingkungan Tidak Boleh Dianggap Kasus Ringan

12 Agustus 2022 - 20:46 WITA

Tetulak Desa, Tradisi Budaya Desa Pringgabaya (2)

12 Agustus 2022 - 19:16 WITA

Lepas Pawai STQ di Pancor, Wabup Lotim Ingatkan Hal Ini

12 Agustus 2022 - 15:30 WITA

Tetulak Desa, Tradisi Budaya Desa Pringgabaya

11 Agustus 2022 - 20:08 WITA

Sejumlah Kecamatan di Lotim Mulai Kekurangan Air Bersih

11 Agustus 2022 - 19:36 WITA

Trending di Lombok Timur