Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 15 Nov 2022 20:10 WITA ·

STP Mataram Sertifiksi Kompetensi Mahasiswa


					Dr. I Made Murdana, M.Par Perbesar

Dr. I Made Murdana, M.Par

Mataram, DS-Keberadaan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) STP Mataram didasari UU Sisdiknas yang berperan dalam menentukan kompetensi mahasiswa. Karena itu, perguruan tinggi yang meluluskan mahasiswa tidak hanya memberi ijazah melainkan juga memberikan pendamping ijazah berupa sertifikat kompetensi.

Kepala LSP STP Mataram, Dr.I Made Murdana,M.Par, belum lama ini mengemukakan bahwa perguruan tinggi terutama vokasi harus memiliki lembaga yang memediasi sertifikasi. Oleh sebab itu, STP Mataram menyikapinya dengan tujuan memudahkan para alumni memasuki dunia kerja dengan kompetensi yang dimilikinya.

“Semua tenaga kerja harus memiliki sertifikat kompetensi. Bahkan 50 persen karyawan hotel mesti memiliki karyawan bersertifikat, ” katanya menyebut salah satu syarat perizinan hotel.

Murdana mengatakan LSP STP Mataram sudah berdiri sejak 2018 dan satu satunya lembaga kompetensi di peruruan tinggi di NTB yang melakukan uji kompetensi bagi mahasiswanya.

Apakah lembaga tersebut bisa bekerjasama dengan pihak luar sehingga alumni SMK pariwisata bisa memeroleh sertifikat kompetensi? Murdana mengatakan sedang dicari nomenklatur yang membolehkan. Karena banyak SDM di lembaga pendidikan lain juga memerlukan hal itu ketika memasuki dunia kerja di industri pariwisata.

“Kalau anak SMK yang mau diuji kompetensi, celahnya ada dengan syarat dididik dulu. Artinya ada dosen yang mendidik dan memperlancar uji kompetensi, ” ujarnya. Ian

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ikatan Alumni SMAN 1 Pinggabaya Dikukuhkan

20 November 2022 - 09:21 WITA

ITS Berikan Beasiswa kepada Siswa NTB, Begini Respon Gubernur

22 Oktober 2022 - 14:04 WITA

Sebanyak 813 Siswa SMA/SMK Ikuti Tryout ITS

21 Oktober 2022 - 07:09 WITA

Pemprov NTB Kirim 1000 Pemuda Studi ke Luar Negeri, Gubernur Kenalkan Program Beasiswa kepada Mahasiswa STKIP YAPIS Dompu

19 Oktober 2022 - 18:52 WITA

LPPM UGR Ruh Para Dosen, Hibah Dikti Perlu Ide Kreatif

17 Oktober 2022 - 18:28 WITA

Kata Wagub NTB, Ponpes Harus Melek Teknologi dan Ikut Perkembangan Zaman

6 Oktober 2022 - 16:54 WITA

Trending di Pendidikan