Stabilkan Harga, Bulog, Pemda Lombok Timur akan Gelar Pasar Murah Selama Ramadhan

Zuhri Hafi

Selong,DS – Pemda melalui Dinas perdagangan bersama Bulog Lombok Timur akan menggelar pasar murah selama Bulan suci Ramadhan 1444 H. Pasar murah ini dilakukan untuk membantu masyarakat mendapatkan sembako murah di tengah meningkatkannya harga sejumlah bahan pokok.

“Kalau untuk puasa selalu kita ada pasar murah, kita juga sudah akan menerima jadwal dari Pemda,” Pimpinan Bulog cabang Lombok Timur Zuhri Hafi, Jumat (24/3/2023).

Pasar murah, kata Zuhri, menyasar setiap desa yang ada di Lombok Timur. “Kita terjun untuk semua desa yang membutuhkan dan kita akan melakukan bazar dan itu akan berjalan sampai idul fitri,”ucapnya.

“Intinya bulog sepanjang tahun selalu stoknya ada. Makanya kapanpun dibutuhkan, jika pemda minta itu ada,” tandasnyanya.

Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan Lombok Timur, Lalu Dami Ahyani mengatakan pasar murah yang dilakukan demi meringankan daya beli masyarakat akibat naiknya sejumlah komoditi.

“Kita operasi pasar istilahnya, dan itu tetep selama situasi harga diatas harga pasar, karena tugas bulog sebagai institusi negara, dan yang ada di daerah juga perpanjangannya itu harus melihat fenomena harga di lapangan, ketika harga tinggi maka stok stoknya itu dikeluarkan sesuai harga standar pemerintah,” ujarnya.

Operasi pasar ini kata Lalu Dami sebenarnya sudah berjalan mulai dari akhir Januari 2023.

Namun khusus untuk Ramadhan pasar murah yang dilakukan Dinas Perdagangam bekerja sama dengan beberapa OPD lainnya.

Hal ini dilakukan mengingat Bulog sendiri komoditinya terbatas, dimana Bulog sifatnya hanya menyediakan komoditi untuk beras, gula, telur, dan tepung, “yang tidak disediakan bulog ini ada di distributor yang lain,” katanya.

“Nantinya pada pasar murah yang bertajuk Bazar Ramadhan itu bukan hanya ada Bulog namun distributor lain, dan itu sedang saya minta Bidang kaporting untuk menentukan tanggal dan tempatnya,” imbuhnya.lr

Facebook Comments Box

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.