Berbagi Berita Merangkai Cerita

SPIRIT UNTUK MAJU PERLU DITINGKATKAN

0 6

MATARAM,DS-Pemerintah Provinsi NTB menggelar malam tasyakuran dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia, di Pendopo Gubernur NTB, Kamis malam (17/08/2017). Dalam acara tersebut nuansa seremonial tidak terlalu terasa, karena tidak ada pidato pidato yang panjang dari para pejabat, melainkan lebih kental nuansa kerakyatan dan kesyukuran atas karunia kemerdekaan Indonesia.

Acara lebih banyak diisi dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan sebagai ungkapan kesyukuran, serta testimoni dari para sesepuh NTB dan rokoh veteran pejuang lintas zaman mengenai kesan dan pandangannya tentang Indonesia dan NTB saat ini.

Gubernur NTB, Dr.TGH. M. Zainul Majdi ditemani Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH.M.Si memimpin anggota Forkopimda NTB lainnya menyanyikan sejumlah lagu-lagu kebangsaan. Sedangkan, istri Gubernur, Hj. Erica Zainul Majdi pada kelompok ibu-ibu juga memimpin menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, ditemani istri Wakil Gubernur, Hj. Syamsyiah Muh. Amin bersama istri para anggota Forkopinda.

Testimoni disampaikan dua tokoh sentral, yaitu Drs. H.Lalu Mujitahid mantan Bupati Lombok Barat yang menjadi saksi sekaligus pelaku dalam sejarah pembangunan di NTB, dan Ketua Legion Veteran NTB, Brigjen (Purn) H. Abdul Kadir yang juga merupakan pelaku sejarah yang merasakan pahit manisnya pembangunan di NTB, melalui beberapa jabatan strategis yang pernah beliau emban, seperti Ketua DPRD NTB, Bupati Lombok Timur, dan jabatan politik lainnya .

Intinya para tokoh ini menilai bahwa Pembangunan NTB sudah mencapai kemajuan yang sangat pesat diberbagai bidang dan sektor. Namun agar kemajuan itu dapat memberikan kemanfaatan optimal bagi masyarakat NTB itu sendiri, maka spirit dan semangat masyarakat NTB untuk maju perlu terus ditingkatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Caranya adalah dengan terus berjuang semaksimal mungkin, terutama dalam mengisi berbagai peluang yang ada. Sebab bila tidak maka rakyat NTB akan tergusur dari persaingan, dan peluang itu akan diisi oleh masyarakat luar.

Seperti dituturkan H. Lalu Mujtahid, NTB saat ini telah mengalami banyak perubahan. Berbagai kemajuan telah banyak diraih oleh pemerintah saat ini, tuturnya. Hal itu terlihat dari sejumlah infrastruktur dasar, seperti jalan, air dan listrik yang semakin membaik. Terlebih,  saat ini tengah gencar dipromosikan program pembangunan yang menjadi fokus pemerintah NTB, yaitu Pertanian dan Pariwisata.

Hanya saja, berbagai kemajuan yang dicapai NTB saat ini memerlukan dukungan dan peran serta masyarakat. Peran yang ia maksud adalah bagaimana masyarakat NTB menjadi pelaku pengembangan ekonomi.

“Masyarakat kita perlu diberikan bimbingan bagaimana berwira usaha,”ungkapnya seraya memohon dukungan gubernur untuk memimbing dan membina masyarakat dalam berwirasusaha.

Ketua Legion Veteran NTB, Brigjen (Purn) H. Abdul Kadir, dalam testimoninya  mengajak seluruh anak bangsa, khususnya pemuda NTB untuk melihat kemerdekaan itu dalam tiga dimensi waktu, yakni masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Masa lalu, sebagai sebuah sejarah yang tidak bisa lepas dengan nikmat kemerdekaan saat ini, telah mengajarkan banyak hal. Salah satunya adalah kegigihan para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan, meski dengan mengorbankan nyawah sekalipun.

“Jiwa seperti inilah yang harus ditanamkan pada pemuda kita saat ini,” jelasnya. Karenanya, untuk menatap masa depan yang lebih baik, pemuda saat ini perlu ditanamkan nilai-nilai pancasila yang baik. Dengan nilai pancasila yang kuat menurutnya, pemuda akan mampu menjaga keutuhan NKRI dan terhindar dari paham-paham yang memecah belah bangsa. “Pemuda perlu dibekali pemahaman tentang pancasila,” ungkapnya.hms

Leave A Reply