Berbagi Berita Merangkai Cerita

Spirit Gotong Royong Terpenting Hadapi Pandemi Covid-19

18

MATARAM, DS – Mengikuti Peringatan Bulan Bung Karno 2020 dan mengenang tujuh Tahun Meninggalnya DR.(HC).Taufik Kiemas secara Virtual dan Live Streaming di Channel Bamusi TV, Ketua PDIP NTB Rahmat Hidayat mengungkapkan, spirit gotong royong sebagai intisari Pancasila yang dicetuskan Bung Karno 1 Juni 1945 menjadi faktor terpenting dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Pastinya, tanpa gotong royong, kita tidak akan bisa melewati pandemi ini,” ujar Rahmat dalam siaran tertulisnya, Selasa (9/6).
                              
Ia mengaku, pada masa pandemi ini, pihaknya sejak Maret lalu terus bergotong royong membagi sembako, membagikan masker dan melakukan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah umat Islam, Hindu dan Kristen. Selain itu, ada berbagai aksi lain untuk masyarakat, termasuk hari ini dalam rangka kelahiran Bung Karno.

Sementara itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani, menuturkan, pemimpin bangsa saat ini maupun nanti harus tetap memegang teguh nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945. Nilai-nilai yang harus menjadi pedoman itu adalah Ketuhanan,  Kebangsaan, Kemanusiaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial.

“Baik Bung Karno maupun Bapak Taufiq Kiemas, telah mewariskan nilai-nilai yang sangat penting bagi bangsa ini. Nilai-nilai itulah yakni Ketuhanan,  Kebangsaan, Kemanusiaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial yang harus dipegang teguh oleh pemimpin bangsa ini siapapun itu,” ujar Puan saat menyampaikan sambutannya pada Peringatan Bulan Bung Karno 2020 dan 7 Tahun Wafatnya DR.(H.C) HM Taufiq Kiemas, melalui Ceramah, Pembacaan Surat Yasin, dan Tahlilan Berjamaah secara virtual di Jakarta, Senin (8/6) malam.

Menurut Puan, Bung Karno dan Taufiq Kiemas juga telah menunjukkan bahwa persatuan bangsa yang beragam ini adalah hal yang lebih penting dari apapun. Kedua tokoh itu bisa diterima oleh semua komponen bangsa. Sehingga persatuan nasional bisa terwujud dengan sebenar-benarnya.

“Demikian juga dengan Gotong Royong yang merupakan intisari dari Pancasila, hanya bisa diwujudkan melalui persatuan  seluruh anak bangsa. Dan Bung Karno maupun Bapak Taufiq telah menunjukkan perjuangan luar biasa dalam mempersatukan bangsa,” tandasnya.

Selain Puan Maharani, pada kegiatan virtual itu juga dihadiri oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Hj Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR RI, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI, Ketua Bamusi, Ketua PBNU dan Tamu undangan lainnya. RUL

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.