Membangun Masyarakat Cerdas dan Berwawasan Luas

SPAM untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Selatan Lotim Tetap Berjalan

4

SELONG, DS – Pembangunan Sistem Penyedian Air Minum (SPAM), di Wilayah Lombok Timur tidak terdampak sebagai anggaran yang direalokasikan dalam penanganan Covid-19 di Lombok Timur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lombok Timur, Lalu Mulyadi, menyebut pekerjaan SPAM tidak terkena karena penyediaan air minum sangat dibutuhkan masyarakat Lombok Timur, terutama bagi wilayah selatan.

“SPAM tidak kena. Karena itu sangat dipentingkan untuk masyarakat diwilayah selatan untuk air minum,” jelasnya.

Penyaluran transfer Dana Alokasi Khusus (DAK) dihentikan sepenuhnya untuk Dinas PUPR Lombok Timur. Hal ini merupakan kebijakan pemerintah pusat, yang mengalihkan anggaran pekerjaan fisik untuk penanganan Covid-19.

Untuk pekerjaan SPAM yang menggunakan sumber mata air di Kelurahan Suryawangi dan Ijo Balit tersebut, anggaran yang digelontorkan menembus angka Rp. 4 milyar. Setelah dilakukan penambahan Sambungan Rumah (SR), SPAM tersebut akan diserahkan untuk dikelola oleh PDAM Lombok Timur.

“Karena berbagai macam sumber mata air ini kita akan tambah jaringan untuk SR-nya. Nah, setelah itu akan dikelola oleh PDAM,” tutur Mulyadi.

Saat ini, SPAM yang dipersiapkan untuk melayani sekitar tiga desa tersebut, telah memasuki proses lelang pekerjaan. Pembebasan lahan mata air pun telah selesai dilakukan.

“Sedang dilelang. Sekarang ini kita siapkan di tekhnis, desa yang kita hitung kurang lebih 2 atau 3 desa,” sebutnya. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.