Berbagi Berita Merangkai Cerita

Spam Suryawangi Selesai Dilelang, 2021 Diproyeksikan Penuhi Kebutuhan Air Masyarakat Keruak

47

SELONG, DS – Lelang proyek pekerjaan pembangunan Sistem Penyedia Air Minum (Spam) Suryawangi telah selesai dilakukan. Pekerjaan dengan pagu anggaran Rp. 4 miliyar tersebut dimenangkan oleh PT. Dabakir Putra Mandiri, dengan nilai penawaran Rp. 3.620.819.000.

Demikian dituturkan Makripatullah Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), Lombok Timur, saat dijumpai Jumat (19/06/2020).

“Yang menang dalam pelelangan itu PT Dabakir Putra Mandiri dengan nilai penawaran Rp. 3.620.819.000,” terang Makrip, sembari menjelaskan progres tahapan pengerjaan Spam Suryawangi hingga hari ini pada penetapan SPPBJ (Surat Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa).

Spam Suryawangi tersebut akan dihibahkan oleh Pemerintah Daerah kepada PDAM selaku BUMD yang memiliki spesialisasi pada bidang air minum. Dan, dihajatkan untuk mensuplai kebutuhan air minum bagi warga Labuhan Haji.

“Kita kan menggunakan pipa 10 inch, sampai dengan pertigaan Suryawangi di tapping ke pipa PDAM. Sehingga air yang dari Suryawangi bisa dimanfaatkan sementara ini oleh masyarakat Labuhan Haji,” jelasnya.

Dengan debit air mencapai 102,3 liter/detik, menurut Makrip, air dari Spam Suryawangi tersebut sangat memungkinkan untuk mensuplai masyarakat bagian selatan Lombok Timur. Desain pengembangan untuk suplai ke masyarakat di Kecamatan Keruak, akan dikerjakan pada tahun 2021 mendatang.

“Pipa PDAM ini dari Montong Meong. Dari Montong Meong sampai Tanjung Luar akan dilanjutkan di 2021. Dilihat dari debit ini, sangat memungkinkan,” yakinnya.

Desain pipa dengan pola dari pipa besar ke pipa kecil, menjadi salah satu cara mengatasi kendala elevasi yang munghambat tekanan air. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.