A place where you need to follow for what happening in world cup

SMI Berlakukan Suku Bunga, Lotim Kurangi Nilai Pinjaman

27

Sekda Lotim

SELONG, DS – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menurunkan jumlah pinjaman ke PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Pinjaman yang sebelumnya diajukan sebesar Rp.225 miliar menjadi Rp.105 miliar.

Dikatakan Sekda Lombok Timur, M. Juaini Taofik, penurunun nilai pinjaman ini tak lepas dari pertimbangan suku bunga yang diberlakukan PT. SMI. Sebelumnya peminjaman di PT. SMI tanpa suku bunga. Namun kini ada perubahan suku bunga mulai dari 5%-6,5%.

“Kalau dulu ada peluang kita mendapat pinjaman tanpa suku bunga. Sekarang pinjaman 0-3 tahun, suku bunganya 6,5%. 3-5 tahun kisaran 5%,” jelas Taofik.

Keputusan pinjaman sebesar Rp.105 miliar diambil Bupati menyesuaikan dengan kemampuan daerah. Serta pertimbangan jangka waktu tiga tahun diambil, agar tak meninggalkan hutang setelah habis masa kepemimpinannya.

Turunnya nilai pinjaman tidak serta merta mengeleminir pembangunan infrastruktur yang dananya direncanakan bersumber dari pinjaman tersebut. Namun ada sumber pembiayaan dari program lain yang didapatkan Pemkab.

“Sudah ada yang menangani, seperti beberapa kegiatan air bersih di selatan. Yang dulu mau kita fasilitasi melalui SMI tapi ada kebijakan serupa di 2021,” tuturnya.

Ditargetkan minggu kedua bulan Mei, Pemkab sudah bisa menantangani nota kesepahaman dengan PT.SMI. Sehingga awal semester kedua, kegiatan yang dibiayai dari pinjaman PT. SMI dapat dilaksanakan. Dd

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

Lewat ke baris perkakas